-->

Memiliki Bisnis Online? Berikut Tips Memotret Produk Menggunakan Smartphone


Dimasa yang sulit seperti ini, pastinya kalian akan membuka online shop agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Yap, memasarkan sebuah produk tentunya membutuhkan feed yang menarik perhatian pembeli. 

Sebuah konsumen akan beranggapan bahwa foto produk yang bagus tentunya dihasilkan oleh kamera yang mahal dan tentunya dilengkapi dengan peralatan yang berkualitas. 

Namun, jika kalian membuka online shop dan tidak memiliki kamera. Kalian tidak perlu khawatir sob, kalian juga bisa menghasilkan foto produk menggunakan smartphone loh. Dijamin hasilnya tidak kalah dengan kamera DSLR.

Hasil dari foto produk menggunakan smartphone juga tidak kalah dengan DSLR jika melakukan proses editing setelah pemotretan. Tentunya hal tersebut akan membuat visual produk menjadi lebih menarik lagi. 

8 Tips Membuat Foto Produk Terlihat Lebih Professional

1. Gunakan Background Yang Sesuai Dengan Produk Anda

Kalian tidak perlu jauh-jauh foto produk ke studio sob. Kalian juga bisa membeli studio mini dirumah untuk membuat visualisasi produk kita menggunakan kamera smartphone. Hal tersebut dapat mengurangi modal yang harus kalian keluarkan.

Anda juga bisa membuat studio mini dirumah dengan bahan yang sangat terjangkau seperti kardus bekas, kertas VS, dan kertas putih panjang sebagai alas dari foto produk kalian. Seperti gambar berikut ini:

tipsfotografi.net

Untuk pencahayaanya sendiri kalian juga bisa menggunakan lampu khusus atau juga bisa menggunakan lampu LED putih. Lampu belajar kalian juga bisa digunakan untuk pencahayaan saat pemotretan produk Anda. 

Studio mini ini bisa kalian gunakan untuk produk-produk yang ukurannya kecil dan tentu saja bisa masuk dalam studio mini tersebut.

Dengan kalian menggunakan background polos tersebut, maka hasil dari produk kalian akan terlihat lebih elegan. Hal tersebut dikarenakan bertujuan untuk membuat para konsumen menjadi fokus pada produk tersebut. 

2. Gunakan Resolusi Semaksimal Mungkin Yang Terdapat Pada Smartphone Anda

Kualitas kamera smartphone saat ini sudah memiliki resolusi yang tinggi dan tidak dengan gadget lain yang dikhususkan untuk pengambilan foto maupun video. Rata-rata resolusi kamera smartphone saat ini sudah diatas 5 megapixel.

Dengan kalian menggunakan resolusi semaksimal mungkin, kalian sudah bisa menghasilkan foto dengan kualitas yang sangat baik. Terlebih lagi sekarang smartphone sudah memiliki sistem manual, dimana kalian bisa mengatur resolusi kamera. 

Dengan begitu kalian bisa memanfaatkan resolusi terbaik yang terdapat pada smartphone kalian agar bisa menghasilkan foto yang berkualitas dan tentunya akan menarik para konsumen. Selain mengatur resolusi, kalian juga bisa mengatur ISO hingga white balance yang pas saat pemotretan produk Anda.

3. Pencahayaan Harus Cukup Terang Saat Pemotretan

Hal yang terpenting dalam memotret produk adalah pencahayaan. Pencahayaan yang buruk akan berdampak pada kualitas foto produk tersebut. Namun, jika pencahayaan yang cukup maka akan menghasilkan foto produk yang berkualitas pula.

Jika kalian merasa kurang pencahayaan, kalian bisa menambahkan lighting yang ditaruh pada kanan dan kiri produk Anda. Kalian juga bisa memanfaatkan matahari sebagai pencahayaan dalam pemotretan produk.

Pencahayaan dengan matahari yang memiliki spektrum lengkap masih merupakan pencahayaan sempurna, karena hasil dari foto tersebut terlihat lebih alami.

4. Usahakan Hindari Penggunaan Zoom Saat Pemotretan

Jika kalian memotret objek yang jauh, usahakan jangan di zoom yaa guys. Karena zoom di Smartphone hanya akan membuat foto menjadi pecah dan beresolusi rendah. 

Agar foto menjadi lebih berkualitas terbaik sebaiknya, kalian memotret produk Anda secara dekat. Sehingga menghasilkan foto yang tajam, berkualitas tinggi, dan tentunya tidak pecah. 

5. Gunakan Model Jika Produk Anda Adalah Sesuatu Yang Bisa Dipakai

Jika kalian menjual produk dengan kategori fashion, sebaiknya kalian menggunakan seorang model sob. Karena hal tersebut akan membuat konsumen semakin yakin bahwa barang tersebut sebagus itu. Kalian tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak untuk mencari seorang model. Kalian juga bisa meminta teman kalian sebagai model dan kalianlah yang menjadi fotografernya.

6. Carilah Angle Yang Berbeda-beda

Mengambil foto produk dengan berbagai angle akan memberikan banyak pilihan estetika juga memberikan gambaran yang lebih banyak kepada calon pembeli Anda. Tidak hanya itu saja sob, kalian juga bisa menjadikan feed instagram foto tersebut dikarenakan mempunyai banyak pilihan foto. 

7. Gunakanlah Tripod

Pada saat memotret sebuah produk, pastikan kalian tidak melakukan goyangan saat menekan tombol shutter pada smartphone Anda. Karena goyangan tersebut membuat foto produk Anda menjadi blur atau kabur.

Oleh karena itu, sebisa mungkin kalian tidak melakukan goyangan sob. Lebih baiknya lagi, kalian juga bisa menggunakan alat bantu seperti tripod, sehingga menghasilkan foto yang tidak kabur.

8. Manfaatkan Fitur Editing

Tips yang terakhir adalah kalian harus melakukan proses editing jika sudah selesai memotret produk. Hal tersebut membuat foto menjadi lebih kelihatan lebih bagus dan cantik. Kalian bisa menggunakan fitur editing dari smartphone bawaan atau kalian juga bisa menggunakan aplikasi editing. 

Tapi inget ya guys, editlah foto tersebut sewajarnya saja dan tidak perlu berlebihan. Jika terlalu berlebihan akan terkesan bahwa foto tersebut palsu. Cukup kalian mengedit foto tersebut untuk memperkuat kesan dari produk Anda.

Konsumen akan kecewa jika barangnya tidak sesuai dengan gambar sob. Maka dari itu kalian edit sewajarnya saja yaa.


Sekian dari artikel ini, semoga bermanfaat bagi Anda. Bagi Anda yang sedang berjuang di online shop, tetaplah semangat dan jangan menyerah. Pasti suatu saat nanti online shop Anda menjadi laris manis. Intinya semangaattt. Jangan turunkan semangat kalian dikarenakan pandemi ini ya.

0 Response to "Memiliki Bisnis Online? Berikut Tips Memotret Produk Menggunakan Smartphone"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel