-->

Macam - macam Jenis Microphone Beserta Penjelasan Secara Lengkap!

Setelah merekomendasikan microphone untuk kamera, sekarang aku akan memberitahu kalian macam -macam microphone beserta penjelasannya secara lengkap sob!. Yuk simak!


Kegunaan Microphone

Seperti yang kita tau, sekarang banyak sekali orang - orang yang membutuhkan microphone. Terlebih lagi akhir - akhir ini microphone dan kamera sering digunakan oleh youtuber. Banyak sekali kalangan - kalangan yang berada di Indonesia yang ingin menjadi seorang content creator.

Selain caranya yang mudah yaitu hanya membuat akun saja, orang - orang juga tergiur dengan hasil yang sangat menjanjikan jika sudah sukses nanti. Namun, sebelum kalian menjadi youtuber alangkah baiknya Anda menggunakan microphone yang berkualitas baik untuk menunjang konten Youtube Anda.

Jenis Microphone

Ada banyak microphone yang dapat digunakan oleh para youtuber dengan berbagai macam model, merek, hingga tipenya sob!

Umumnya jenis microphone yang paling sering digunakan ialah Microphone Condenser, Microphone Lavalier, dan Shotgun Microphone.

Dari ketiga microphone tersebut, tentunya memiliki kekurangan maupun kelebihan guyss. So, simak jenis microphone berikut ini.

1. Microphone Lavalier

Jenis microphone yang satu ini sangat mudah untuk kalian bawa kemana - mana. Kenapa begitu? Karena Microphone Lavalier ini bentuknya seperti clip yang dapat Anda sematkan di pakaian.


Biasanya microphone ini banyak dihubungkan dengan smartphone sebagai sumber recordingnya. Jika kalian berbicara bagaimana kualitas, Microphone Lavalier ini menghasilkan suara audio yang jelas dan tentu saja jernih sob!

Karena mic ini disematkan pada pakaian kalian, tentu saja posisi dari mic ini sangat menentukan kualitas suara yang dihasilkan. Jadi, kalian pastikan posisi dari mic sudah sesuai agar hasil yang kalian inginkan memuaskan. 

2. Shotgun Microphone

Keunikan dari microphone ini adalah hanya menerima satu sumber suara saja, sehingga akan menghasilkan suara yang sangat jernih.


Mic ini agak sedikit mirip dengan microphone condenser, cuman bedanya dari segi kerapatan yang dihasilkan oleh mic tersebut. 

Umumnya mic sejenis shotgun ini lebih minim menangkap suara noise, karena terdapat wind shield atau dead cat. Yang merupakan salah satu aksesoris tambahan mic yang berguna untuk meredam suara noise yang berasal dari lingkungan sekitar rumah kalian.

Microphone Shotgun ini cocok untuk segala macam tempat dan kondisi yang menerjang, contohnya seperti di indoor dan outdoor. Tak heran jika mic ini sangat laris dibeli oleh para vlogger - vlogger. Apalagi yang dihasilkan oleh mic ini memiliki kualitas yang dapat kalian andalkan sob!

3. Microphone Condensor


Mic yang satu ini memiliki kemampuan untuk mengubah suara akustik menjadi sinyal elektromagnetik sob, dengan begitu membuat mic ini sering digunakan dalam studio rekaman.

Mic ini sering digunakan dalam studio rekaman karena Microphone Condensor dapat lebih fokus menangkap suara yang berada di depan mic tersebut.

Sehingga membuat suara yang dihasilkan menjadi lebih jernih dan bulat dengan noise yang sangat minim karena hanya terfokus pada suara yang berada di depan mic.

4. Dynamic Microphone


Microphone dynamic ini bersifat fleksibel dan sangat ideal untuk kalian gunakan dalam berbagai kebutuhan. 

Dengan memiliki desain yang sederhana dengan beberapa bagian yang dapat kalian lepas, membuat mic ini menjadi lebih relatif kokoh dan tentu saja tahan banting. Tapi jangan dibanting karena sengaja ya sob! Emaannnn

Dynamic Microphone sangat cocok digunakan untuk suara dengan level volume yang sangat tinggi seperti alat - alat musik tertentu atau amplifier. Mic ini tidak dilengkapi dengan amplifier internal dan biasanya tidak membutuhkan baterai atau daya eksternal.

5. Electret Condenser Microphone

Microphone Condenser Electret menggunakan kapasitor khusus yang sudah memiliki tegangan listrik yang permanen yang sudah terpasang pada proses produksi.

Mirip seperti sebuah magnet permanen sehingga tidak memerlukan daya dari luar lagi untuk bekerja. Namun demikian, mic ini yang bagus biasanya sudah dilengkapi dengan pre - amplifier yang masih membutuhkan daya untuk bekerj,

Tipe - tipe Microphone

Setelah kita membahas jenis microphone, sekarang kita berlanjut dengan tipe - tipe pada microphone. Ada berbagai tipe microphone yang sering digunakan sob! Namun, secara luas microphone sendiri dikelompakan berdasarkan faktor seperti berikut:

1. Area Aplikasi atau Kegunaan Microphone tersebut

Beberapa tipe microphone dirancang untuk digunakan secara umum dan dapat digunakan secara efektif pula. Sebagian lainnya mic dibuat secara khusus dan hanya cocok digunakan sesuai peruntukkannya secara spesifik.

Untuk membedakan mic berdasarkan kegunaan dapat dilihat dari karakteristik dari mic tersebut. Seperti,  directional properties, frequency response dan impedance.

2. Jenis Teknologi Konversi yang Mereka Gunakan

Pengelompokkan microphone dengan mengacu pada metode teknis yang digunakan untuk mengkonversikan suara menjadi arus listrik.

Teknologi yang paling umum adalah Microphone Dynamic, Microphone Condensor, Ribbon, dan Crystal. Masing - masing teknologi tentu saja memiliki kekurangan dan juga kelebihan sob.

Tips Membeli Microphone

Untuk kalian yang membutuhkan beberapa tips atau sebagai bahan pertimbangan yuk simak!

1. Carilah Sesuai Kebutuhan

Jika ingin membeli microphone, langkah pertama yang harus kalian perhatikan adalah ini. Sebaiknya kalian sesuaikan terlebih dahulu kebutuhan apa yang akan digunakan?

Hal ini sangat membantu kita agar tidak salah beli microphone. Semakin banyak orang membeli microphone yang tentu saja tidak sesuai dengan kebutuhannya. 

Dengan begitu, microphone yang telah dibeli tidak digunakan dengan maksimal dan hasilnya pun akan sia - sia saja. Oleh sebab itu, pentingnya kita mencari tahu terlebih dahulu kebutuhan Anda seperti apa yang nantinya akan digunakan.

2. Cari Tau Review Microphone yang Akan Dibeli

Kalian bisa mencari tau terlebih dahulu review dari microphone yang akan dibeli. Anda bisa melihat review nya di google, youtube, atau platform - platform lainnya. Kalian cari tau seputar fungsi, kualitas, hasil dan fitur yang terkait pada mic tersebut.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah kalian dalam memilih microphone yang sangat banyak beredar di pasaran.

3. Cari Tau Ulasan Lengkap Seputar Mic Tersebut

Jangan sekali - kali malas membaca ulasan yang ada pada kemasan atau petunjuk yang telah diberikan. Tanpa kita sadari, mungkin saja kita melewati sesuatu yang tidak kita ketahui.

Informasi yang kalian dapatkan membantu Anda untuk semakin yakin ingin membeli produk jenis apa dan merk apa.

Dengan begitu kalian bisa menggunakan microphone dengan kualitas terbaik dengan hasil yang memuaskan.

4. Cari Tau Harga Microphone

Langkah terakhir yaitu, kalian tau berapa sih harga microphone yang ingin Anda beli? Karena harga juga menjadi acuan penting tentunya yang harus kalian pertimbangkan. Usahakan beli microphone dengan harga terjangkau dan tentu saja berkualitas ya sob!

Ada beberapa tipe microphone yang memiliki kualitas terbaik dan cocok untuk menunjang kebutuhan Anda.

Harga yang dicantumkan sesuai dengan spesifikasi produk yang nantinya dinikmati oleh para pelanggannya.

Umumnya harga microphone sendiri berkisar antara ratusan ribu bahkan mencapai jutaan rupiah.

0 Response to "Macam - macam Jenis Microphone Beserta Penjelasan Secara Lengkap!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel