-->

Tidak Kalah Dengan Wisatanya! Berikut Kuliner yang Wajib Kalian Coba Di Jawa Timur

Yap sesuai dengan judul, emang kuliner di Jawa Timur itu tidak kalah dengan wisatanya sob! Jawa Timur memang menjadi surganya kuliner menakjubkan yang wajib kalian coba. Terlebih lagi makanan khas Jawa Timur memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit pedas. Namun, bagi kalian yang tidak suka pedas, Anda tidak perlu khawatir karena masih banyak kuliner di Jawa Timur yang tidak pedas.


Jika kalian sedang di Jawa Timur tidak ada salahnya untuk mencicipi kuliner yang berada disana. Kuliner Jawa Timur pastinya akan menggoyang lidah Anda untuk terus makan dan makan.

Berikut 10 kuliner di Jawa Timur yang wajib dicoba :

Kuliner Khas Jawa Timur Yang Wajib Dicoba

1. Rujak Cingur

nusadaily.com

Kuliner yang wajib kalian coba adalah rujak cingur sob. Rujak yang satu ini berbeda dengan rujak - rujak yang berisikan buah dan sambal. Rujak Cingur ini berisikan rujak mulut sapi, cingur, sayuran, tahu, dan berbagai bahan pelengkap rujak lainnya.

Ternyata kuliner yang satu ini adalah kesukaan para kuliner loh sob. Maka dari itu yang membuat rujak cingur ini digemari yaitu terdapat perpaduan antara petis, cabe, gula merah, dan kacang tanah yang telah di sangrai.

Perpaduan tersebut akan diulek kemudian ditambahkan sedikit air agar bisa encer. Dijamin rasanya ajibb banget sob, bakalan ketagihan dan ingin mencoba terus - menerus.

2. Rawon

tribunnews.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan rawon? Wahh kebangetan si asli kalau kalian tidak tau rawon. Nih aku jelasin, rawon adalah makanan berkuah yang kuahnya itu berwarna coklat kehitam-hitaman. 

Tau gak kalian kenapa rawon kuahnya berwarna seperti itu? Warna kuah rawon yang kehitam-hitaman ini didapatkan karena bumbu rahasia yang bernama kluwek. Di Jawa Timur daerah yang terkenal mengenai kuliner yang satu ini berada pada Pasuruan sob.

Rawon akan semakin nikmat jika kalian sajikan dengan nasi, krupuk, dan bawang goreng sob. Biasanya kuliner yang satu ini berisi tauge, telur, daging sapi, dan sayuran guyss. Dijamin akan menaikkan nafsu makan kalian.

3. Pecel

kompas.com


Pecel merupakan salah satu kuliner yang sangat mudah kalian temukan di berbagai penjuru Indonesia loh. Makanan khas Jawa Timur ini hampir digemari oleh semua kalangan baik muda maupun tua. 

Sangking banyaknya penggemar pecel sampai-sampai ada beberapa jenis dan disesuaikan dengan daerahnya masing-masing loh sob! Mulai dari pecel khas Malang, Jember, dan lain sebagainya. Menarik bukan untuk dicoba?

4. Sego Tempong

kumparan.com

Kuliner yang satu ini berasal dari Banyuwangi sob. Dalam bahasa Osing, tempong adalah tampar. Nama ini diberikan karena terdapat sambal dinasi tempong yang pedasnya nampar. 

Dulu pas masih belum berani makan yang pedas banget, sampai-sampai penjualnya bilang gini ke saya "kalau gak ada sambalnya bukan sego tempong mas".

 Kuliner ini persis seperti warteg sob, lauknya bisa kalian pilih sendiri. 

5. Rujak Soto

id.wikipedia.org

Yap, lagi-lagi kulinernya berasal dari Banyuwangi sob. Rujak soto menjadi salah satu menu khas Jawa Timur yang wajib kalian coba saat berkunjung ke daerah Banyuwangi. Soto yang satu ini dijamin bikin Anda ketagihan untuk memakannya.

Pasti kalian aneh kan mendengarkan kuliner yang satu ini. Berbeda dengan rujak yang biasa kalian temukan. Rujak yang satu ini terbuat dari dua makan yang digabung menjadi satu, yaitu soto babat dengan rujak sayur.

Soal rasa kalian tidak perlu diragukan lagi okey. Karena pastinya enakkk banget. 


6. Lontong Balap

backpackerjakarta.com

Waktu kecil jika kalian mendengar makanan yang satu ini, pasti kalian berfikir jika lontongnya sedang balapan bukan? Lontong balap merupakan salah satu kuliner khas Jawa Timur dan kalian bisa menemukan kuliner ini dengan mudah di sekitaran jalanan Jawa Timur. 

Lontong balap sendiri merupakan perpaduan berbagai bahan diantaranya, lontong, tahu goreng, tauge, kecap, lenthok, sambal, bawang goreng, dan lain - lainnya. Wahh kuliner ini wajib dicoba siiihh sob.

7. Gado-gado

piknikdong.com

Gado-gado sendiri memang telah terkenal dengan kelezatan cita rasanya di lidah para penikmat kuliner. Tidak hanya warga lokal saja sob, melainkan dari mancanegara telah mengakui bahwa kuliner yang satu ini sangat enak.

Terlebih lagi, gado-gado sendiri merupakan salah satu makanan yang terbilang cukup sehat untuk kalian konsumsi. Gado-gado merupakan campuran dari tahu, tempe, sayuran rebus, kentang, telur, ketupat, dan kuah kacangnya yang nikmat sekalii.

8. Tahu Tek

cookpad.com

Selanjutnya terdapat kuliner yang bikin kalian nagih ialah tahu tek. Sesuai dengan namanya, bahan dasar dari tahu tek berupa tahu.

Tahu tek sendiri merupakan kuliner yang berisi tahu goreng setengah matang yang selanjutnya dipadukan dengan bahan lainnya, semacam tauge, ketang goreng, potongan lontong dan timun.

Selanjutnya yang bikin makanan satu ini nagih terus adalah kuah kacang merah dan petis yang sebelumnya telah dihaluskan.

9. Nasi Tumpang

merahputih.com

Alasan mengapa menu ini diberi nasi tumpang ialah karena menunya yang menggunakan kuah sambal tumpang, yakni yang terbuat dari tempe basi atau tempe bosok sebutan bagi masyarakat jawa.

Tempe yang telah membusuk ini kemudian akan dimasak dengan ayam, kerupuk kulit hingga rambak, dan tentunya akan semakin membuat para penikmatnya semakin ketagihan.

Kuliner yang satu ini bisa kalian temukan di Kediri, Jawa Timur sob. Nasi tumpang sendiri sering disebut dengan sego tumpang dan menjadi salah satu makanan terbaik di daerah Kediri.

10. Lodho Ayam

riau24.com

Menu khas Jawa Timur selanjutnya ialah lodho ayam yang tekah terbukti kelezatannya di seluruh Jawa. Lodho ayam sendiri merupakan menu terbaik di daerah Tulungagung, Jawa Timur. Terlebih lagi makanan yang satu ini sangat mudah ditemukan jika kalian berada di Tulungagung.

Kuliner yang terbuat dari bahan utama ayam yang dimasak dengan resep dan bumbu dari turun-temurun membuat cita rasa yang sangat nikmat untuk kalian coba sob. Lodho ayam sendiri bahkan memiliki dua jenis masakan, yang pertama lodho ayam dengan kuah encer, dan lodho ayam kuah kental. Menarik bukan?

0 Response to "Tidak Kalah Dengan Wisatanya! Berikut Kuliner yang Wajib Kalian Coba Di Jawa Timur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel