-->

10 Rekomendasi Kamera Drone Terbaik yang Cocok Untuk Anda Gunakan di Tengah Tahun 2020


Kamera drone tentunya sangat membantu kalian untuk mendapatkan view dari atas. Terlebih lagi akhir - akhir ini kamera drone makin berganti tahun semakin populer. Bahkan selama lima tahun terakhir, penjualan drone diperkiraan telah mencapai 3 juta unit di seluruh dunia.

Meskipun dulu kamera drone tergolong barang mahal, namun sekarang juga sudah tersedia drone dengan harga yang lebih terjangkau dan hasilnya pun tidak ada duanya. Namun, dengan adanya drone dengan berkualitas keluaran DJI, Walkera, Cheerson, dan lain sebagainya akan membuat Anda menjadi lebih bingung untuk memilih drone.

Manfaat kamera drone itu sendiri jauh lebih banyak loh. Tidak hanya sekedar fotografi saja, drone juga bisa digunakan untuk keperluan seperti militer. Di Indonesia sendiri, drone sendiri digunakan untuk keperluan stasiun TV, militer, fotografi, dan lain - lain.

Untuk kalian yang sedang bingung mencari kamera drone yang bagus, kalian sangat tepat! Karena di dalam artikel ini akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi kamera drone terbaik. Dengan begitu, kalian akan semakin mudah dalam memilih produk yang paling tepat.

Tanpa basa-basi lagi yuk simak!

Cara Memilih Drone dengan Benar

Sebelum ke sesi rekomendasi, kami akan menjelaskan terlebih dahulu bagaimana cara memilih drone dengan benar. Hal - hal apa saja yang perlu kalian perhatikan saat akan memilih sebuah drone.

1. Pilih yang Harga dan Fiturnya Sesuai Dengan Skill Kalian

Yap, yang pertama dan yang penting ketika kalian ingin membeli sebuah drone adalah memilih harga dan fitur yang sesuai dengan kemampuan kalian dalam mengendalikan sebuah drone. Untuk itu, kalian tidak perlu bingung lagi, kami akan memberikan kategori - kategori yang bisa Anda pilih.

Untuk pemula, bisa menggunakan drone seharga ≤ 1 juta Rupiah dengan fitur pelindung baling - baling


Jika kalian baru pertama kali mengendalikan drone, belum benar - benar paham akan cara mengendalikan drone, atau ingin memainkan drone layaknya radio kontrol. Kalian bisa memilih produk yang memiliki empat baling - baling atau biasa disebut dengan quadcopter drone. Produk semacam ini biasanya memiliki harga kurang dari 1 juta rupiah sob!

Bila Anda sebelumnya sudah pernah memainkan radio control, kalian juga bisa loh memilih produk dengan controller yang mirip dengan controller favorit kalian. Dengan begitu, kalian akan lebih cepat terbiasa menerbangkan drone dibanding dengan kalian menggunakan controller yang belum pernah Anda gunakan.

Selain itu, kalian tidak perlu khawatir lagi jika drone-nya tertabrak dinding, atap, atau benda lainnya. Karena kalian bisa memiliki drone yang sudah dilengkapi pelindung dibagian baling - balingnya sob! Jadi tidak perlu khawatir lagi deh.

Untuk pengguna menengah, bisa menggunakan drone seharga 1 - 10 juta Rupiah


Bagi kalian yang sudah termasuk level intermediate dalam mengendalikan sebuah drone dan sudah mampu mengendalikannya dengan bebas hingga paham batasannya. Kalian bisa memilih drone dengan harga 1 hingga 10 juta Rupiah.

Selain itu, kalian sebaiknya perlu mengecek bobot dari drone yang kalian pilih tersebut. Sebagaimana yang dikatakan oleh Federal Aviation Administration (FAA) Regulations, drone yang memiliki berat diatas 250 gram harus didaftarkan agar mendapatkan izin terbang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membeli drone dengan bobot kurang 250 gram ya sob!

Untuk pengguna advanced, bisa menggunakan drone spesial dengan harga ≥ 10 juta Rupiah
Untuk kalian yang sudah memiliki level advanced dan sangat ahli saat menerbangkan drone, dan tentu sudah mengetahui tujuan kalian menggunakan drone. Kalian bisa menyiapkan dana diatas 10 juta Rupiah dan memilih drone yang memiliki fitur dan kelengkapan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda bisa memilih drone yang cocok untuk fotografi, penanggulangan bencana, menyebarkan zat kimia untuk keperluan pertanian, survei, mengantar barang, dan lain - lainnya.

Jika Anda membeli drone khusus untuk keperluan industri, drone tersebut biasanya sudah dilengkapi dengan fitur auto flight dan sistem navigasi yang lebih canggih. Meski begitu, drone yang seperti ini tentu saja harganya sangat mahal sob!

2. Pilih Berdasarkan Fitur yang Kalian Inginkan Dari Drone Tersebut

Drone sendiri dilengkapi dengan berbagai fitur fungsional. Oleh karena itu, sebaiknya kalian membeli drone dengan berbagai fitur yang Anda inginkan agar akan semakin mempermudah Anda saat memakainya.

Untuk pemula, merekomendasikan fitur yang terkait dengan pengendalian drone dan one key return


Jika kalian masih pemula, Anda bisa memilih drone yang dilengkapi dengan berbagai fitur untuk mempermudah Anda saat mengendalikan drone. Misalnya, Anda memilih produk yang dilengkapi dengan sensor gyroscope yang dapat secara otomatis menstabilkan  drone.

Sehingga kalian mampu mengontrolnya dengan mudah meski belum memiliki cukup pengalaman. Terutama bila kalian baru pertama kali menerbangkan drone, fitur yang satu ini akan mencegah akan terjadinya kecelakaan saat sedang mengontrol drone.

Selain itu, fitur automatic feedback atau one key return juga sangat direkomendasikan untuk para pemula. Fitur yang satu ini memungkin drone kalian untuk kembali ke lokasi awal secara otomatis. Dengan begitu, meskipun sinyalnya mungkin terganggu, drone tersebut akan segera kembali ke tempat semula tanpa perlu kalian kendalikan secara manual.

Untuk aerial fotografi, pilihlah drone yang sudah dilengkapi fitur terkait dengan FPV  



Bila kalian berencana ingin menggunakan drone untuk aerial fotografi atau pemotretan dari udara, Anda perlu memilih drone yang sudah dilengkapi dengan fitur FPV (first person view). Dengan adanya fitur ini, kalian akan semakin mudah untuk mengecek film atau video yang telah kalian ambil dari sudut pandang orang pertama.

Tidak hanya terlihat semakin realistis, dengan adanya fitur ini juga akan mempermudah Anda untuk menerbangkan drone dengan lebih presisi sob!

Di drone ini Anda bisa saja menggunakan peralatan tambahan lain untuk memperoleh tampilan FPV. Namun, saat ini sudah banyak drone yang memungkinkan kalian untuk memperoleh tampilan FPV dengan cara menginstal aplikasi tambahan pada smartphone.

Pilihlah drone berdasarkan durasi terbang


Drone yang mampu terbang non-stop selama 10 menit bisa dibilang sudah sangat - sangat memadai dalam fotografi. Dikatakan bahwa daya konsentrasi manusia dapat bertahan selama 10 menit. Berhubung drone diterbangkan oleh manusia, tentu sangat membutuhkan pengendalian, navigasi, dan daya konsentrasi kalian akan sangat mempengaruhi kondisi penerbangan drone Anda tersebut.

Ada juga drone yang dapat terbang selama 30 menit, namun harganya cukup mahal sob. Akan tetapi, drone tersebut tergolong terbatas ruang lingkup penggunaannya sehingga bila kalian tidak terlalu membutuhkan durasi dari drone selama itu, Anda tidak perlu memaksakan ya.

10 Rekomendasi Drone Terbaik yang Cocok Untuk Anda

Setelah kalian membaca cara memilih drone dengan benar, sekarang akan saya akan rekomendasikan drone yang cocok untuk kalian. Pilihlah drone sesuai dengan budget kalian!

1. JJRC - Foldable Drone With One-Key Folded In Half H43WH

Harga : Rp. 292.000


Bila kalian ingin mempunyai drone yang sangat mudah untuk disimpan dan dibawa dalam ransel kalian, produk ini adalah salah satu pilihan yang tepat untuk Anda sob. Drone yang satu ini dilengkapi dengan fitur one-key folded, sehingga drone ini akan langsung terlipat dengan sendirinya saat Anda menekan tombolnya yang sudah tersedia, sangat mudah bukan?

Jangan khawatir sob, drone yang satu ini tergolong tidak mudah rusak meskipun sering terbentur karena sudah dilengkapi dengan pelindung baling - baling. Dengan adanya fitur 3D flips and rolls juga akan menambah keasyikan dan memudahkan kalian untuk mengendalikan drone ini.

2. iDrone - i6s Hexacopter Drone

Harga : Rp. 515.000
Drone yang satu ini memiliki keunggulan dalam tingkat kestabilannya, karena adanya 6 buah baling - baling yang membuat iDrone i6s memberikan tingkat stabilitas terbang yang tinggi. Tidak hanya itu saja sob! drone ini juga didesain dengan ukuran yang kecil sehingga mampu bergerak dengan lincah saat terbang baik di dalam ruangan atau diluar ruangan.

Sama seperti drone sebelumnya, drone yang satu ini telah dilengkapi dengan pelindung pada bagian baling - balingnya. Sehingga tidak akan mudah rusak saat terbentur dinding, pohon, pagar, dan lain sebagainya. Dengan adanya fitur one button return akan membuat produk yang satu ini menjadi lebih sangat berfungsi.

Drone ini cocok bagi Anda yang mencari drone dengan ukuran compact dan stabil saat dikendalikan sob!

3. Syma - FPV Real Time X5HW

Harga : Rp. 699.000
Jika kalian memiliki dana yang terbatas, tapi kalian membutuhkan sebuah drone yang mempunyai fitur FPV dengan hasil foto dan video yang cukup jernih, drone ini adalah jawaban dari itu. Tidak hanya itu sob, drone yang ini sudah dilengkapi dengan kamera yang berkualitas HD. Dengan begitu kalian dapat dengan mudah memperoleh video dan foto dengan kualitas yang memadai.

Selain itu, drone yang satu ini sudah sudah dilengkapi dengan fungsi FPV real time dan 6-axis gyro sehingga kalian dapat melihat hasil foto yang kalian ambil di layar smartphone maupun tablet yang Anda punyai secara langsung dengan stabil.

Drone ini mampu terbang selama 5 - 7 menit loh sob! Terlebih lagi sudah tersedia pelindung pada bagian baling - balingnya.

4.  Syma - FPV Real Time X8HW

Harga : Rp. 899.000


Drone ini dilengkapi dengan kamera 1 MP berkualitas HD, sehingga tidak sulit bagi kalian untuk memperoleh video dan foto yang berkualitas. Terlebih lagi terdapat fitur 3D lock dan 6-axis gyro yang membuat produk ini semakin stabil saat diterbangkan.

Drone ini sangat cocok untuk Anda yang mencari drone dengan harga ekonomis, namun mampu menjelajah cukup jauh. Dengan adanya fitur Spread Spectrum Technology, produk ini mampu menangkap sinyal dengan lebih sempurna dan memiliki jarak jangkauan hingga 70 meter, dengan begitu akan semakin bebas untuk kalian menjelajah.

5. Cheerson - Pathfinder CX-20
Harga : Rp. 2.560.000


Di drone ini kalian bisa memasang Auto Cam seperti GoPro. Selain itu, drone yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan LED yang memungkinkan kalian untuk mengambil foto saat malam hari.

Drone ini dapat kalian gunakan untuk memotret atau merekam video selama 15 menit sob! Drone ini juga memiliki keunggulan lain loh.

Keunggulan lain yang terdapat pada drone ini adalah failsafe function. Fungsi dari keunggulan ini yaitu ketika sinyal antara drone dengan controller terputus, drone ini akan otomatis kembali sendiri ke titik awal dengan navigasi dari GPS. Menarik bukan?

6. DJI - Spark Controller Combo (Alpine White)
Harga : Rp. 5.600.000

Jika kalian pecinta selfie atau menginginkan dokumentasi dengan tampilan gambar maksimal, produk ini adalah solusinya sob. Dengan dilengkapi dengan intelligent flight modes, high performance camera, 4 mode quick shoot, dan TapFly Mode. Kalian bisa memperoleh foto yang memukau dengan kontrol melalui gestur pada tangan atau jari kalian. Sangat canggih bukan?

Selain itu, drone ini juga dilengkapi dengan fungsi active track sehingga mampu secara otomatis mengenali berbagai macam objek yang berbeda, kemudian merekamnya sesuai dengan jenis obyek dan kecepatannya. Drone yang satu ini mampu terbang selama 16 menit.

7. Xiro - Xplorer Vision V
Harga : Rp. 7.999.000

Hasil foto yang baik dan tidak blur tentu menjadi hal yang utama ketika kalian mengambil foto maupun video. Drone ini merupakan compact drone yang sudah dilengkapi dengan kamera 14 MP dan kualitas video hingga 1080p full HD, hebatnya lagi Xplorer Vision V ini akan menangkap sempurna tanpa blur saat pengambilan video.

Lalu, bila kalian ingin merekam dan memotret seluruh acara atau momen berharga tanpa terlewat sedikit pun, drone ini adalah pilihan yang sangat tepat untuk Anda. Xplorer Vision V mampu terbang dengan durasi hingga 25 menit.

8. Walkera - Voyager 3
Harga : 9.100.000

Voyager 3 merupakan drone canggih yang sudah dilengkapi dengan fungsi sistem navigasi ganda dari GPS dan GLONASS yang memastikan keakuratan posisinya. Dengan adanya sistem ini, drone kalian akan selalu tau arah mana untuk kembali sehingga sangat aman untuk para pengguna drone ini.

Lalu, kombinasi kamera 1080p HD Plus detachable gimbal yang dapat bergerak secara 360° dengan sangat halus dan stabil memungkinkan kalian untuk memotret atau merekam dari berbagai sudut unik dengan hasil yang clear. Drone ini cocok bagi Anda yan ingin memperoleh gambar yang jernih dari berbagai perspektif berbeda.

9. DJI - Phantom 4 Advanced

Harga : Rp. 14.500.000



Inilah dia drone DJI Phantom 4 Advanced yang memiliki kamera 20MP plus video dengan resolusi 4K UHD. Kalian tidak perlu ragu dengan kualitas gambar dari drone ini, dijamin ajib! Drone ini juga mampu terbang selama 30 menit hingga baterainya habis, tentu saja ini sangat lebih dari cukup bagi Anda.

Drone yang satu ini juga dilengkapi dengan flight autonomy system dengan 5 vision sensor serta dual forward vision sensor yang memungkinkan drone ini menghindari rintangan hingga jarak 15 meter dan terbang dengan akurat meskipun tanpa GPS. 

10. DJI - Mavic 2 Zoom 
Harga : Rp. 15.999.000
Untuk kalian yang ingin hasil foto ataupun videonya terlihat jernih dan tajam hingga serasa realistis, drone ini adalah jawaban dari keinginan kalian, Drone ini dilengkapi dengan kamera 48MP dan 12MP CMOS sensor. Kalian akan memperoleh foto dan video yang sangat spektakuler sob! Dikarenakan hasil dari foto ataupun videonya itu tajam, dinamis, dan memiliki resolusi yang tinggi.

Tidak hanya itu saja sob! Kalian dapat memperbesar objek foto atau video hingga 4 kali tanpa harus takut akan kehilangan ketajamannya. Sistem hybrid autofocusnya juga akan mempermudah Anda untuk mengambil gambar secara cepat dan akurat. 

Dengan adanya hyperlight juga memungkinkan kalian untuk memperoleh gambar yang sangat tajam  bahkan di dalam keadaan low light.

0 Response to "10 Rekomendasi Kamera Drone Terbaik yang Cocok Untuk Anda Gunakan di Tengah Tahun 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel