-->

Tips Memilih Kamera Dengan Benar dan Tepat Bagi Para Pemula


Kamera adalah senjata utama bagi fotografer untuk bisa menghasilkan karya dalam bentuk gambar atau video. Meskipun zaman semakin berkembang dan sekarang juga bisa menghasilkan foto maupun video menggunakan smartphone. Tetap saja hasil gambar yang diambil menggunakan kamera DSLR akan terlihat jelas berbeda dalam bentuk kualitas gambarnya.

Kenapa begitu? Karena kualitas dari sensor kamera smartphone tidak sebagus dengan sensor kamera DSLR. Oleh karena itu, tidak sedikit orang lebih menggunakan kamera digital untuk menangkap sebuah foto atau video.

Sebagai pemula, memilih kamera cukup sulit jika kalian tidak didasari dengan pengetahuan yang cukup sob. Agar kalian tidak salah pilih dalam membeli kamera, simak artikel berikut ini:

Sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang Anda punya

Saat kalian ingin membeli sebuah kamera, sebaiknya kalian sudah tau kebutuhannya seperti apa dan budget kalian berapa yaa sob. Dalam kamera sendiri memiliki banyak tipe dan model yang harus kalian pertimbangkan terlebih dahulu.

Jika kalian benar-benar sangat menyukai dunia fotografi, kalian bisa membeli kamera digital seperti DSLR. Kenapa begitu? karena kamera DSLR sendiri memiliki banyak fitur yang bisa Anda gunakan semaksimal mungkin sob!

Kalian tidak perlu memaksakan kehendak kamu untuk bisa membeli kamera yang mahal dan canggih. Sesuaikan saja dengan budget yang Anda miliki. Kalian membeli dengan budget seadanya untuk berlatih dan mengasah kemampuan sob! Bukan untuk ajang gengsi ingett loh. Terlebih lagi sekarang sudah banyak kamera yang harganya dibawah 2 jutaan, dan juga memiliki fitur yang lengkap

Tentukan sensor kamera sesuai dengan kebutuhan

Sensor apa yang akan digunakan kalian untuk menangkap sebuah objek. Ada banyak pilihan sensor yang bisa kalian pilih diantaranya ada APS-C, Four Third, Full Frame, dan masih banyak lagi. Sesuaikan sensor tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya kalian ingin menggunakan DSLR, jenis lensa sensornya harus kalian sesuaikan dengan kondisinya sob, entah itu APS-C atau Four Third.

Inget ya sob! Semua sensor pasti ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitu pula dengan berat atau ringannya sebuah kamera.

Pilihlah fitur-fitur kamera yang bagus

Daripada kalian ribet-ribet mengatur kamera secara terus-menerus, sebaiknya kalian pilihlah kamera yang memiliki fitur yang lengkap dan juga bagus. Kalian wajib tau resolusi berapa yang bisa Anda manfaatkan untuk menjepret foto dengan kualitas bagus dan tidak pecah.

Dengan budget terjangkau kalian tidak perlu khawatir lagi sob! Pasalnya dengan budget terjangkau sekarang, kalian bisa membeli kamera dengan fitur yang lengkap dan bagus. Sebelum Anda membeli kamera sebaiknya dicek terlebih dahulu agar tidak kecewa setelah membelinya.

Salah satu fitur yang sangat penting ada pada kamera adalah ISO. ISO merupakan fitur yang dipakai untuk mengatur cahaya. Jika kalian ingin mengambil objek pada malam hari, kalian bisa menaikkan cahaya dengan ISO. Jika kalian menaikkan ISO terlalu over akan menghasilkan noise pada sebuah foto.

Jenis-jenis kamera digital yang harus Anda ketahui sebelum memilih kamera

Banyaknya kamera yang beredar dipasar membuat kalian kebingungan bukan untuk memilih kamera? Jangan panik sob! Kenali dulu beberapa jenis kamera dan cari sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Kamera DSLR



Ukuran: Berat kamera itu sangat relatif guyss, ada yang ringan dan ada yang berat. Terlebih lagi kamera DSLR ini memiliki berat dari yang ringan sampai yang berat dan besar yang digunakan oleh fotografi profesional.

Kapabilitas: Bervariasi juga mulai dari tingkatan 'lumayan' hingga 'excellent' tergantung dengan model dan lensa apa yang Anda gunakan.

Performa: Bisa digunakan untuk memotret maupun nge-video in apa saja.

Rekomendasi untuk Anda yang serius untuk menggeluti dunia fotografi dan tidak masalah dengan berat dari kamera. Terlebih lagi bisa menghasilkan gambar yang top dan tangguh untuk dibawa memotret dimana saja.

2. Kamera Mirrorless



Ukuran: Ukuran dari kamera ini lumayan praktis, tidak terlalu berat dan tidak bisa dibilang terlalu ringan juga.

Kapabilitas: Kamera ini disebut dengan para fotografi sebagai "Next big thing"

Performa: Full control dalam mode manual dengan performa mulai dari lumayan hingga yang fantastis tergantung model yang Anda beli.

Rekomendasi untuk Anda yang mencari kamera bagus dengan berat yang ringan. Lensa yang bisa digonta-ganti, jadi kalian bisa ber eksperimen manakah lensa yang bagus. Ada tapinya loh sob! Anda harus siap dengan harganya relatif tidak murah.

3. Actioncam



Ukuran: Kecil dan sangat ringan, sangking kecilnya kamera ini bisa dimasukkan dalam saku baju maupun celana.

Kapabilitas: Bisa digunakan untuk kalian yang hobinya "berpetualang" seperti travelling, underwater, mendaki gunung, dan banyak lagi.

Performa: Meskipun kamera ini kecil, tapi foto dan videonya sudah bagus kok sob!

Rekomendasi untuk Anda yang lebih suka video daripada menjepret foto. Terlebih lagi kalian yang suka berpetualang ini sangat rekomendasi.

Merk kamera yang akan Anda gunakan

Setelah kalian sudah memilih jeni kamera mana yang Anda beli, sekarang saatnya Anda memilih merk.

Dari dulu sampai sekarang banyak kompetitor kamera yang berlomba-lomba untuk menjadi terbaik. Contohnya seperti Nikon Vs Canon Vs Sony Vs Fuji. Saran dari kami adalah Anda harus melihat-lihat semua brand kamera yang ada, dan apa saja yang mereka tawarkan. Jika kalian membatasi dengan satu merk saja maka bisa jadi kalian melewatkan yang terbaik sob!

Setelah kalian melihat semua brand kamera dan apa saja yang ditawarkan, segera buat keputusan. Setelah itu kalian review lagi kualitas dan sejarah performa kamera tersebut. Pertimbangkan juga feedback dari fotografer yang pernah memakai kamera ini selama bertahun-tahun.



Mungkin sekian dari artikel ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua! Jika ingin membeli kamera, kalian harus mengetahui seberapakah budget yang Anda miliki. Jangan sampai kalian terpaut  dalam gengsi ya

Setelah kalian membeli kamera, kalian harus terus berlatih dan mengasah kemampuan fotografi kalian. Agar bisa menghasilkan foto yang bagus.

0 Response to "Tips Memilih Kamera Dengan Benar dan Tepat Bagi Para Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel