-->

Teknik Jitu! Memotret Foto Siluet Pada Saat Sunset yang Instagrammable

Sunset adalah suatu subjek foto yang paling banyak digemari oleh para senja. Untuk menghasilkan foto yang bagus, sebaiknya kalian menggunakan teknik foto siluet pada sunset. Teknik foto siluet ini patut kalian mahiri, karena saat itulah kita bisa menghasilkan sebuah gambar dengan warna-warna yang lebih menarik.


Banyak alasan yang menyebabkan orang menyukai foto siluet. Beberapa alasannya yaitu

  • Menyukai nuansa siluet yang terasa gelap dan terang, artinya menyukai kontras yang timbul dalam foto tersebut
  • Suka dengan bentuk yang terlihat jelas pada foto siluet
  • Ingin menyembunyikan wajahnya, supaya yang terlihat seolah hanya bayangan saja. Mungkin dia menutup wajah karena terlalu cakep atau terlaluuuuuu.... hmmm sudahlah biarin saja.

Apapun alasannya kalian yang menyukai foto siluet. Kalian harus mengerti dulu apa pengertian dari siluet tersebut, menurut wikipedia.org, A silhouette is the image of person, animal, object, or scene represented as a solid shape of a single colour, usually black, its edges matching the outline of the subject. Source : en.wikipedia.org

Yap, yang bisa kalian lihat sendiri bagaimana siluet itu biasanya terbentuk dari 'solid shape' yang terdiri dari satu warna dan biasanya berwarna hitam. Bentuk yang ditonjolkan biasanya juga tampak tegas dan berbentuk dua dimensi.

Foto siluet bukan untuk foto sunset saja sob, melainkan foto siluet ini bisa kalian jadikan sebagai variasi dalam album foto travelling Anda. Konsep yang begitu unik dari foto siluet akan membuat foto kalian terlihat samar ketika memamerkannya di akun media sosial kalian. 

Tanpa basa-basi lagi berikut tips teknik memotret foto siluet pada saat sunset.

Tips dan Teknik Memotret Foto Siluet Pada Saat Sunset

1. Postur Shape dan Bentuk dari Objek yang Difoto Perlu Diperhatikan

Tidak hanya jodoh saja yang perlu kalian perhatikan sob. Melainkan postur dari objek yang difoto sangatlah penting untuk kalian perhatikan saat memotret foto siluet. Karena yang akan kalian tonjolkan dari foto siluet adalah bentuk dan lekukan tubuh dari sang model.

Cobalah untuk memberikan arahan agar posenya bisa menggambarkan garis tubuh yang jelas. Bentuk dari siluet tersebut juga bisa menggambarkan apa yang sedang dilakukan oleh sang model. 

2. Hindari Siluet yang Bertabrakan

Untuk bisa mendapatkan siluet yang sempurna, Anda sebagai fotografer harus bisa memperhatikan siluet-siluet lain yang dihasilkan dari background dan foreground yang ada di sekeliling objek foto Anda. Anda harus berusaha agar semuanya itu tidak terjadi benturan antar siluet. 

Jika beberapa objek saling bertabrakan atau overlap, maka siluet yang dihasilkan akan gagal. Kenapa bisa gagal? Karena bentuk dari siluet tersebut menjadi kurang maksimal sob.

3. Perhatikan Exposure yang Digunakan

Agar kalian bisa mendapatkan foto siluet yang sempurna, tentunya kita harus mencapai exposure yang sempurna dan tepat. Mode yang paling bagus jika kalian gunakan situasi 'backlit' seperti ini adalah di mode M atau manual. Hindari menggunakan mode auto, biasanya kamera akan rentan salah dalam memutuskan exposure yang tepat dikarenakan oleh cahaya yang amat terang dari matahari dan juga bayangan gelap dari objek.

4. Mencari Pengalaman Menggunakan Lensa yang Berbeda

Dengan kalian menggunakan lensa yang berbeda, kalian akan bisa menciptakan karya foto yang berbeda dan unik dari foto lainnya. Bukan hanya itu sob, dengan menggunakan lensa yang berbeda kalian bisa sekalian mengasah skill dan kemampuan kalian. 

Jika kalian menggunakan lensa 70-200 mm di 200 mm. Dengan menggunakan lensa tele, dan mengambil gambar dari jarak yang cukup jauh, kurang lebih 30 meter dari objek, perspektif akan berbeda dengan mata manusia biasa. Jadi matahari di belakang objek akan terlihat lebih besar. Jika kalian ingin menghasilkan efek matahari yang lebih besar lagi, maka kalian gunakanlah lensa super tele + teleconverter yang sering digunakan oleh fotografer wildlife atau fotografer bola. 

5. Diafragma yang Dramatis

Salah satu teknik yang bisa kalian manfaatkan dan menambahkan kreatifitas kita untuk mengcapture sebuah saat foto siluet. Dengan menggunakan diafragma yang kecil, seperti f16 sampai f22, maka kita akan dapat mencapai efek yang bisa disebut "star burst effect". Untuk bisa menghasilkan efek ini, matahari atau sumber cahaya sebaiknya tidak terselubungi oleh awan.

Berhati-hatilah agar tidak langsung melihat matahari walaupun melalui kamera dalam waktu yang panjang karena dapat merusak mata. Agar terhindar dari kerusakan mata, maka gunakanlah "live view" mode di kamera Anda untuk melihat, mengatur komposisi dan mendapatkan fokus untuk foto siluet seperti ini, agar mata terlindungi

6. Oldig yang Menarik

Untuk melipat gandakan estetika dari sebuah foto, olah digital sangat berperan sangat penting sob. Teknik fotografi untuk mendapatkan exposure atau pencahayaan yang sempurna tetaplah penting. Namun, sedikit sentuhan dari photoshop akan sangat membantu membuat foto menjadi lebih menarik dan lebih estetika. 

Jika kita mengambil gambar dalam format RAW, maka kita bisa bermain dengan "white balance" foto tersebut di software seperti Adobe Lightroom ataupun Adobe Photoshop. Dengan demikian, kita bisa memanipulasi warna dari langit dan sunset tersebut.

7. Gunakanlah Extra Backlit

Pasti diantara dari kalian heran dan bertanya-tanya, apa gunanya menambah lighting extra dalam sebuah foto siluet? Nah, lihatlah contoh foto dibawah ini.


Cahaya yang terlihat pada diwajah sang model wanita tersebut sebenarnya bukan dari matahari sendiri, melainkan dari sebuah flash yang diletakkan di belakangnya. Warna orangenya tersebut dicapai menggunakan gel berwarna dan dipakaikan di flash. Dengan menggunakan wireless trigger untuk menyalakan flash, maka jadilah foto tersebut. Cahaya matahari pada saat sunset sangatlah "hard" atau keras dan bisa menghasilkan foto yang mendapatkan siluet atau bayangan yang hitam pekat tanpa detail sedikit pun.

Dengan kalian menambahkan sedikit flash dari samping belakang, maka kita akan mengisi bayangan tersebut dan kita akan dapat merekam wajah dan emosi dari sang model tersebut.Cahaya flash ini terlihat lebih natural karena kita meniru cahaya orange dari matahari, dan jika dilihat sekilas, akan tampil bahwa cahaya yang jatuh diwajah sang model tersebut adalah matahari.

8. Gunakan Objek yang Menarik Untuk Menambah Estetika

Foto sebuah sunset akan sangat bagus jika didukung dengan objek-objek, barang dan lokasi yang unik. Cobalah kalian melihat sekitar daerah shooting, apakah ada objek yang menarik dan berbentuk unik yang dapat ditonjolkan dengan cara siluet.

9. Tetap Kreatif Dalam Pose dan Komposisi

Biasanya, foto siluet itu membosankan karena teknik fotografi ini termasuk gampang untuk dicapai. Namun, kreatifitas tetap bisa kalian kemabngkan dengan lebih fokus pada pose model yang dibidik, dan juga komposisi dari gambar tersebut.




Mungkin sekian dari artikel ini mengenai teknik jitu memotret foto siluet saat sunset. Semoga bermanfaat untuk kalian semua! 

Agar mendapatkan foto yang bagus kalian harus sering bereksperimen dengan pose yang berbeda, dan juga komposisi dan angle yang jarang dipakai, maka foto siluet akan menjadi lebih unik. Dengan begitu kalian akan mengasah skill dan kemampuan kalian. Dan selamat mencoba!

1 Response to "Teknik Jitu! Memotret Foto Siluet Pada Saat Sunset yang Instagrammable"

  1. Good Job

    https://syogesh6.blogspot.com/2020/04/the-major-reasons-behind-of-all-our.html

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel