-->

Peralatan Dasar yang Wajib Ada Bagi Fotografer Pemula

Semakin berkembangnya zaman, tak heran bahwa sekarang semakin banyak orang yang ingin menjadi fotografer. Namun, jika zaman dahulu mungkin yang membawa kamera adalah orang-orang yang mampu membeli kamera tersebut. Dan sekarang kebalikannya dari semua itu sob, semua orang seakan dengan mudah membeli kamera, padahal harga dari kamera tidak begitu murah-murah banget.


Nah, bagi kalian yang ingin menjadi fotografer pemula kalian tidak boleh tergiur peralatan fotografi dengan harga mahal sob. Namun bagi pemula, urusan memasuki dunia ini tentu akan bersinggungan dengan berbagai keperluan, termasuk memilih perangkat fotografi yang sesuai.

Mungkin semua peralatan tersebut terlihat sederhana karena hampir semua orang tau apa saja perlengkapan dasar fotografi. Tetapi karena terlalu menganggap sederhana, banyak orang sering melupakan perlengkapan dasar fotografi. Padahal perlengkapan dasar ini bisa membuat kalian mendapatkan hasil foto yang maksimal loh! 

Tanpa basa-basi lagi kita langsung saja ke inti topiknya yaitu membahas apa saja peralatan dasar fotografi pemula. 

Peralatan Dasar Fotografi Pemula

1. Kamera

Sudah sangat jelas ya sob, jika ingin menjadi fotografi pemula kalian harus memiliki kamera. Disini, jika kalian ingin menjadi fotografi pemula, kalian tidak selalu membeli kamera yang harganya puluhan juta. 

Kalian bisa membeli kamera digital yang murah terlebih dahulu, atau kamera mirrorless dengan harga yang tidak seberapa mahal, kalian perlu menyesuaikan dengan budget kalian sendiri ya sob. Usahakan sebelum membeli kamera kalian harus memperhatikan spesifikasi dari kamera tersebut okeyyy.

Canon G7X Mark II

Kamera pertama yang bisa dijadikan rekomendasi bagi fotografi pemula adalah kamera Canon G7X Mark II di kategori prosumer. Kamera yang diluncurkan di Indonesia dengan harga Rp 5.350.000 Juta. Keunggulan dari kamera ini adalah memiliki zoom yang cukup panjang, yaitu 4,2 x dengan bukaan lensa f/1,8-f/2,8.

Kamera ini menggunakan prosesor DIGIC 7 dengan kemampuan Image Stabilization (IS) yang lebih baik. Prosesor ini juga membuat proses autofocus berlangsung lebih cepat. G7X Mark II menggunakan sensor CMOS 1 inci dengan resolusi 20,1 MP dan memiliki fitur pengatur interval pemotretan yang bisa dipakai untuk membuat timelapse.

Nikon Coolpix A900

Kamera kedua yang direkomendasikan adalah Nikon Coolpix A900. Kamera ini juga masih sama dengan kategori di atas yaitu kamera prosumer. Kamera ini menggunakan sensor 20,3 MP BSI CMOS dan lensa performa tinggi NIKKOR. Lensa ini sudah mendukung 35 kali optical zoom dan 70 x Dynamic Fine Zoom.

Kamera Nikon Coolpix A900 yang dijual dengan harga Rp 4.650.000 Juta. kamera ini dibekali dengan Vibration Reduction (VR) high performance yang cukup efektif untuk mengurangi goyangan di kamera. Kemampuan ini untuk mengoptimalkan fitur optical zoom, sehingga hasil gambar bisa semakin jelas.

Canon EOS 1300D

Jika kalian ingin merasakan sensasi menggunakan kamera profesional. Kalian bisa menggunakan Canon EOS 1300D. Kamera ini termasuk dalam kategori kamera single-lens reflex (SLR). Terlebih lagi kamera ini sudah dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi dan NFC serta menggunakan prosesor DIGIC 4+ dengan sensor APS-C CMOS 18 MP.

Rentang pengaturan ISO kamera ini mulai dari 100 hingga 6400 dan bisa ditingkatkan lagi menjadi 12800. Dilengkapi dengan 9 titik Auto Focus (AF) dengan titik tengah berjenis cross-type, membuat kamera ini mampu mencari fokus dengan akurat dan cepat, baik saat digunakan dalam posisi vertikal maupun horizontal.

2. Lensa 


Jika kalian sudah memiliki kamera perlengkapan dasar yang kedua adalah lensa. Sekaran sudah banyak sekali jenis lensa, mulai dari mikro, wide, tele hingga landscape. Tetapi untuk kalian yang masih pemula, sebaiknya kalian menggunakan lensa bawaan dari kamera yang kalian beli. Kalian bisa saja membeli lensa hi end dengan harga selangit, tetapi apakah itu penting bagi kalian yang masih belajar? Apalagi sekarang lens kit bawaan sudah cukup bagus untuk mengambil gambar.

3. Flash


Di setiap kamera pasti sudah dilengkapi dengan flash. Guna dari flash adalah menambah cahaya ketika kalian memotret di dalam ruangan yang kurang pencahayaan. Dengan flash kita bisa mengambil foto dengan terang seperti di siang hari. Flash bawaan dari kamera sudah cukup untuk digunakan. 

Tetapi kalian bisa juga memilih external flash dengan harga terjangkau. External flash ini bisa dicopot-pasang dan sinarnya bisa diarahkan sesuai dengan keinginan. External flash bisa menghasilkan bermacam efek cahaya yang tidak mungkin dilakukan oleh internal flash.

4. Aksesoris 

Aksesoris yang harus dimiliki oleh fotografer pemula adalah tali kamera. Bagi pemula, tali kamera adalah perlengkapan wajib yang harus kalian bawa kemana-mana ketika kita melakukan hunting foto. Tali kamera ini sangat membantu ketika kalian sudah letih dan kurang stamina, sehingga kamera kalian tidak akan jatuh dari genggaman tangan kalian. Jika kalian tidak suka mengalungkan tali kamera ini di leher, kalian juga bisa dililitkan ke tangan kalian juga sob!

Aksesoris yang kedua adalah tas kamera. Tas kamera ini bisa kalian isi dengan peralatan kamera. Mulai dari kamera, lensa, flash, sampai dengan peralatan pembersih kamera bisa kalian masukkan ke dalam tas kamera ini. Tas kamera ini juga akan melindungi peralatan fotografi dari guncangan dan air saat dibawa ke lokasi hunting kalian. 

5. SD Card (Kartu Memori)


Perlengkapan dasar terakhir yang wajib adalah SD Card. Beberapa fotografer pemula terlalu sering menghabiskan foto dan lupa kalau SD Card tidak terlalu cukup. Jadi alangkah baiknya, kalian bisa membawa SD Card cadangan agar bisa jaga-jaga agar tidak kehabisan memori. 


Mungkin sekian dari artikel ini mengenai peralatan dasar yang wajib ada bagi fotografer pemula. Beberapa alat tersebut penting bagi para pemula. So, kalian jangan meremehkannya ya sob! Semoga bermanfaat bagi kalian semua yaa.

0 Response to "Peralatan Dasar yang Wajib Ada Bagi Fotografer Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel