-->

Ukuran Foto di Instagram Agar Tidak Pecah, Tidak Terpotong dan Pastinya Recomended

Kalian sering memposting feed di Instagram? Pasti kalian bingung, foto mana yang bagus dan mendapatkan like yang banyak. Pada saat ini Instagram adalah aplikasi sosial media populer di dunia, sehingga kita kerap ingin memposting foto dengan kualitas terbaik bukan? Ukuran foto ternyata berpengaruh dengan kualitasnya loh sob.


Ukuran foto pada Instagram kerap menjadi masalah kita saat hendak ingin mengupload foto pada Instagram, dan masalah itu akan membuat foto kita menjadi pecah dan tidak sesuai dengan tampilan pada Instagram. 

Ukuran Foto di Instagram yang Pas dan di Rekomendasikan

Ukuran Foto Profil 


Sebagai media sosial yang populer seluruh dunia, kalian harus memiliki foto profil yang cakep dan keren. Dan perlu dipastikan juga sob, kalian harus menggunakan resolusi gambar yang optimal.

Ukuran profil pada Instagram sendiri adalah 110 x 110 atau rasio nya sama seperti panjang x lebar yaitu 1 : 1. Yang artinya kalian bisa menggunakan foto dengan ukuran 110 x 110. Contoh ukuran yang bisa kalian gunakan untuk foto profil adalah sebagai berikut:
  • 128 x 128
  • 161 x 161
  • 256 x 256
  • 512 x 512
  • Dan seterusnya..
Ukuran Foto dan Video Instagram Terbaru 


Ukuran foto dan video pada Instagram sebenernya adalah 612 x 612 pixel, namun setelah itu ditingkatkan oleh pihak Instagram menjadi 640 x 640 pixel. Pada lima tahun yang lalu, bertepatan pada bulan Juli , Instagram kembali memperbarui resolusi video menjadi 1080 x 1080 pixel. 

Ukuran resolusi gambar yang ditingkatkan bertujuan untuk mengakomodasi layar retina atau layar beresolusi tinggi pada smartphone kalian. Meskipun resolusi ditingkatkan, namun pihak Instagram tetap mempertahankan rasio gambar pada format rasio 1 : 1. Yap, yang dimaksud adalah rasio gambarnya adalah berbentuk persegi.

Setelah kita memposting feed kalian, Instagram secara otomatis akan mengurangi resolusi pada foto tersebut menjadi 612 x 612 pixel, lalu secara default akan muncul pada timeline Instagram beresolusi sebesar 510 x 510 pixel.

Kemudian ukuran video terbaru kita bisa menggunakan ukuran potrait yaitu 1080 x 608 pixel dengan rasio 1.91 :  1. Selain itu kita bisa menggunakan ukuran lain yaitu 1080 x 1350 pixel  dengan format rasio 4 : 5. 

Cara Membuat Foto dan Video yang Pas dan Pastinya Tidak Terpotong

Instagram sendiri bukan aplikasi yang hanya memposting feed saja sob. Melainkan Instagram juga bisa memotret gambar maupun video langsung dari aplikasinya. Dan menariknya lagi, Instagram memiliki fitur canggih yang sudah menyesuaikan dengan format 1 : 1 pada foto yang akan diposting.

Berikut cara membuat foto dan video menjadi pas saat di posting pada Instagram.

  1. Yang pertama kalian lakuin yang pasti adalah membuka aplikasi Instagram dong sobat. Kemudian pada saat kalian sudah masuk pada halaman utama kalian tekan ikon + pada tengah bawah
  2. Selanjutnya kalian swipe ke kiri dari menu gallery ke menu foto atau video jika kalian ingin memposting video.
  3. Setelah kalian mengambil foto, selanjutnya ada fitur yang diberikan oleh pihak Instagram yaitu filter. Kalian bisa menggunakan filter tersebut s supaya foto kalian menjadi menarik sob. Tak hanya itu saja sob, Instagram juga menyediakan fitur untuk mengatur kecerahan, hingga edit foto sob.
  4. Jika kalian sudah selesai memberikan filter dan edit kecil-kecilan, selanjutnya klik next dipojok kanan atas 
  5. Tulis caption menarik, tag teman kalian jika perlu, beri lokasi lalu klik share. Dengan otomatis foto tersebut akan terposting pada akun kalian.
Ukuran Story Instagram

Aplikasi Instagram sendiri bukan hanya bisa mengupload foto dan video aja sob. Instagram juga bisa membuat story dalam bentuk foto maupun video singkat. Fitur terbaru dari Instagram cukup populer loh sob! Kalian bisa berbagi foto maupun video singkat dengan diberi coretan atau tulisan, agar terlihat menarik. 

Instagram story adalah fitur yang paling banyak disukai oleh banyak orang karena bisa membagikan informasi secara spontan dan terkadang tidak terlalu penting untuk di informasikan. Instagram story sendiri tidak muncul pada timeline melainkan muncul pada bar atas yang dapat digeser. Bar tersebut berisikan story orang-orang yang telah kamu follow.

Dengan fitur Instagram story dan feed dengan timeline terpisah kalia bisa dengan mudah memprioritaskan mana yang lebih penting dan yang perlu diabadikan.  Tidak seperti feed pada timeline, Instagram story ini akan terhapus secara otomatis jika sudah tayang 24 jam. Dengan karena itu, dengan adanya fitur Instagram story ini kalian bisa memposting foto maupun video singkat yang tidak terlalu memorable. 

Yap, pastikan kalian bertanya berapa ukuran pada Instagram story bukan? Instagram story ini berbeda dengan feed di timeline yang berasio persegi atau bisa dibilang 1:1. Lain halnya dengan Instagram story, Instagram story sendiri lebih disesuaikan dengan ukuran layar pada smartphone kalian. 

Konten pada Instagram story bisa kalian edit atau di desain agar bisa full layar pada smartphone kalian layaknya seperti Snapchat. Oleh karena itulah, resolusi gambar tidak terlalu penting karena ukuran postingan pada Instagram akan disesuaikan secara otomatis pada rasio layar smartphone kalian, baik 16:9 atau 18:9.

Di tahun 2020 ini, Story instagram paling pas ialah 1080 x 608 pixel dengan aspek rasio 1.91:1. Ukuran foto maupun video singkat yang terbaru adalah 1080 x 1920 pixel dengan aspek rasio 9:16.

Ukuran IGTV Terbaru dan Paling Pas

Selain Instagram story, Instagram kini memiliki fitur yang terbaru yaitu IGTV atau Instagram TV. Fitur terbaru ini memungkinkan kita bisa menonton video dengan durasi lebih panjang dari dibandingkan dengan feed video dan Instagram story. IGTV sendiri bisa kalian liat dengan keadaan potrait maupun landscape. UKuran IGTV terbaru adalah 1920 x 1080 pixel untuk rasio 16:9 untuk mode landscape, sedangkan untuk mode potrait ialah 1080 x 1920 pixel dengan rasio 9:16.

Mungkin itu saja dari artikel ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua. Fitur yang terdapat pada Instagram bisa dilihat oleh berbagai orang diluar sana. Dengan adanya media sosial sendiri kita bisa mendapat motivasi, dukungan, semangat dan meng-iklankan barang dan jasa. Ukuran foto dan video pada Instagram sangat penting saat sebelum kalian memposting sebuah foto maupun video. Dan inget ya sob, Instagram-mu adalah harimaumu, jadi kalian jangan asal pada media sosial ya sob!.

0 Response to "Ukuran Foto di Instagram Agar Tidak Pecah, Tidak Terpotong dan Pastinya Recomended"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel