-->

Tips Menghasilkan Foto Candid di Trend Fotografi 2020

Karena kemarin saya membuat artikel trend fotografi 2020. Nah, di artikel tersebut ada salah satu trend fotografi di tahun 2020 yaitu foto dengan gaya alami (candid). Yap, hampir semua orang suka berfoto menggunakan gaya candid. Buat kalian yang baru pertama kali terjun didunia fotografi, kalian sangat disarankan membaca artikel ini.

Sebelum mulai ke tipsnya kalian harus tau apa itu candid. Candid dalam bahasa indonesia adalah tulus, terus terang, atau apa adanya. Candid dalam dunia fotografi yang sebenarnya adalah tindakan mengambil foto atau video kepada seseorang secara diam-diam, dan tidak disadari. Tindakan tersebut menghasilkan foto yang candid atau bisa dikatakan apa adanya (alami).



Bagi orang-orang diluar sana, memotret candid adalah kegiatan yang menyenangkan. Jika kalian melihat foto yang candid kalian akan merasakan kepuasan tersendiri saat mendapatkan momentum atau ekspresi objek yang pas dan menarik.

Pengertian Candid Dalam Berbagai Aspek


1.) Candid Camera


Salah satu teknik memotret atau mengambil gambar menggunakan kamera terhadap suatu objek dengan mengambil angle yang bagus dan tanpa sepengetahuan objek tersebut. Dengan demikian, hasil foto kalian akan terlihat natural seolah-olah tidak terlihat kalau itu buatan.


2.) Candid Dalam Dunia Fotografi


Bisa dikatakan candid di dalam dunia fotografi adalah bentuk jurnalistik paling murni dan natural. Teknik ini merupakan teknik untuk mengabadikan suatu peristiwa dari sisi sebenarnya. Kenapa begitu? Karena dengan teknik candid ini akan terlihat natural dan memiliki banyak nilai juga memiliki arti tersendiri. Seperti pada sebuah kejadian yang heboh di dunia, bencana alam, dan kegiatan sehari-hari.


3.) Candid di Instagram


Di jaman millennial ini pasti banyak orang diluar sana yang suka meng upload foto di akun media sosial contohnya seperti Instagram. Dengan kalian upload foto tersebut, kalian pasti menginginkan foto yang bagus dan terbaik bukan? Salah satu caranya adalah dengan menggunakan foto candid.


Arti candid tersendiri di Instagram adalah mengambil foto atau video tanpa sepengetahuan objeknya, dan kadang foto yang diambil justru atas permintaan objek tersebut. Kenapa atas permintaan? Seperti para penyanyi yang sedang melakukan konser, sebenarnya penyanyi tersebut sadar akan kamera. Hanya saja, penyanyi tersebut berpura-pura tidak mengetahui kamera dan bergaya senatural mungkin agar menghasilkan foto yang candid.


Terkadang, ada juga foto candid yang objeknya benar-benar tidak menyadari kamera. Dan, hasil dari jepretan tersebut memperlihatkan ekspresi objek yang lebih lucu, dan mungkin unik.


Tips Menghasilkan Foto Candid 


Yap, kita langsung saja ke tipsnya ya sobat. Agar tidak terlalu berbasa-basi. Berikut tips menghasilkan foto candid yang wajib kalian coba.


1.) Dilarang Menggunakan Lampu Flash


Kenapa tidak boleh menggunakan Flash? Karena jika kalian menggunakan flash otomatis objek tersebut akan menyadari kamera. Karena dengan adanya flash akan menarik perhatian sang objek, dan tidak lagi bersifat candid yang natural. 


Sebaiknya kalian mencoba untuk melebarkan aperture dan menaikkan ISO. Hal tersebut akan membantu kalian dalam pengambilan foto yang baik meskipun dalam keadaan yang kurang cahaya (low light)


2.) Selalu Membawa Kamera


Di tips kedua ini, kalian diharuskan selalu membawa kamera. Kenapa begitu? Karena dengan seringnya kalian membawa kamera kalian akan terlatih untuk tidak canggung lagi saat memotret candid.


Berbeda lagi dengan kalian yang tidak selalu membawa kamera. Kalian akan merasa takut atau ragu-ragu dalam mengambil foto yang candid. Dengan adanya tips kedua ini, saya harapkan kalian selalu membawa kamera agar kalian bisa menyingkirkan rasa takut atau ragu-ragu tersebut. Biasakan untuk sering membawa kamera kalian kapanpun dan dimanapun ada kejadian unik yang perlu kalian foto candid.


3.) Gunakan Lensa Tambahan 


Jika kalian memotret foto yang candi, kalian diusahakan membawa lensa tambahan ya sob. Tidak perlu membawa lensa tambahan sebanyak-banyaknya ya. Kalian cuma perlu membawa lensa tambahan yaitu lensa tele.


Karena dengan memakai lensa tele adalah cara paling mumpuni untuk membuat objek tidak sadar akan adanya kamera. Kalian bisa berdiri sangat jauh dari objek namun kalian masih bisa mendapatkan foto yang close up.


4.) Bergeraklah dan Cari Posisi Yang Tepat


Saat kalian memotret seseorang secara candid. Kalian tentu tidak bisa menyuruh orang tersebut berpose atau berpindah demi  sebuah komposisi yang diinginkan. 


Jadi sangat diupayakan kalian mendapatkan foto yang senatural mungkin dengan komposisi yang bagus tanpa harus berkomunikasi dengan objek. Gimana caranya? Kalian harus bergerak untuk mendapatkan spot yang bagus di sekitaran objek. Jangan malas gerak ya sob. Karena dengan angle yang biasa aja akan tampak terlihat bosan jika diambil dari posisi itu-itu saja.


5.) Sigap dengan Moment Yang Pas Terhadap Objek  


Memotret gambar yang candid, harus mendapatkan moment yang pas sehingga mendapatkan hasil yang terbaik. Kalian harus sigap ketika menjumpai momentum seperti ini. Tangkapan ekspresi yang dilakukan objek harus pas. Seperti ekspresi yang sedang tertawa, menangis, dan lain sebagainya.


6.)  Gunakan Konteks


Kalian tanpa menggunakan konteks, foto kalian akan terasa 'datar'. Sebaiknya, agar menghasilkan foto yang bagus dan tidak datar kalian wajib memposisikan objek dikiri atau dikanan pada frame. Kenapa begitu? Karena hasil foto kalian akan menunjukkan lokasi objek tersebut berada dimana atau sedang apa yang mereka lakukan.


Sekian dari artikel ini mengenai tips menghasilkan foto yang candid di trend 2020. Jika kalian ingin menghasilkan foto candid yang bagus, kalian harus berusaha untuk melakukannya berulang kali. Agar skill dan kemampuan kalian bertambah dan menciptakan foto yang bagus. Semoga bermanfaat untuk kalian semua.

0 Response to "Tips Menghasilkan Foto Candid di Trend Fotografi 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel