-->

Ampuh! Tips Memotret Dengan Kamera HP Demi Hasil Yang Maksimal

Siapa sih yang tidak ingin memotret dengan hasil yang kurang maksimal? Pastinya kalian berusaha dengan berbagai cara agar mendapatkan foto yang maksimal. Tidak usah ragu lagi sob, dengan perkembangan jaman teknologi ini kamera android sudah dilengkapi dengan spesifikasi untuk menghasilkan foto yang berkualitas.


Untuk menghasilkan foto yang berkualitas, tentunya kalian harus pelajari tentang cara setting kamera, cara ambil sudut pandang pada kamera, memperhatikan pencahayaan yang datang dari mana, serta cara bagaimana membidik kamera. Jangan minder sob, jika peralatan foto kalian terbatas. Karena dengan HP yang murah saja sudah dirancang untuk mengedepankan kualitas kamera.

Mungkin kalian bertanya-tanya bagaimana mendapatkan foto yang terbaik? Inget ya sobat, untuk menghasilkan foto yang bagus, kalian harus menerapkan metode dasar dibawah ini. Caranya tidak susah kok, kalian bisa sekalipun  mempraktekan cara ini bagi yang pemula. Dengan adanya cara ini, akan meningkatkan skill kalian menggunakan kamera HP.

Tips Memotret Dengan HP Agar Hasilnya Maksimal

1.) Membersihkan Lensa Kamera HP

Hal yang pertama kalian lakukan sebelum memotret, pastikan lensa kalian dibersihkan terlebih dahulu. Kenapa begitu? Karena jika kamera kalian tidak dibersihkan saat memotret akan mengurangi kualitas pada foto kalian. Sebab tanpa kalian sadari kamera yang tidak dibersihkan mungkin saja bekas dari tangan kalian yang berkeringat.

Nah, noda dari keringat ataupun minyak tersebut akan mengurangi kualitas foto kalian sob. Jadi, dibiasakan sebelum memotret kalian harus membersihkan kamera HP menggunakan tisu bersih.

2.) Aktifkan Setting an Grid Untuk Menghasilkan Komposisi Rule Of Third Yang Pas

Salah satu cara untuk menghasilkan foto yang berkualitas adalah komposisi. Yap, betul sobat karena salah satu komposisi dalam dunia fotografi adalah rule of third. Jadi, kalian aktifkan Grid di pengaturan smartphone kalian agar mendapatkan komposisi rule of third yang akurat sehingga hasil foto kalian maksimal. Dan inget sob, kalian juga harus mengetahui darimana sudut yang pas untuk memotret.

3.) Pencahayaan yang Cukup Terhadap Objek 

Pencahayaan dalam bidang fotografi adalah sebuah faktor yang penting untuk menghasilkan kualitas yang bagus. Oleh sebab itulah, cahaya merupakan faktor terpenting dalam kegiatan fotografi. Sebelum kalian memotret pastikan segi pencahayaan yang cukup.

Nah, jika kalian rasa pencahayaan yang kurang, sebaiknya kalian menaikkan ISO pada kamera HP. Minimnya, jika kalian menaikkan ISO maka foto kalian akan  terlihat berbintik dan buram. So, sebaiknya kalian memotret dengan keadaan terang ya sob. Jika tidak ada lagi pencahayaan, kalian juga bisa menggunakan lampu flash.

4.) Jangan Banyak Bergerak Saat Pemotretan, Pegang HP Sestabil Mungkin.

Sebuah foto akan lebih bagus jika foto kalian terlihat stabil. Meskipun kamera HP kalian sudah disematkan fitur IS (Image Stabilizer). Fitur ini hanya untuk meminimalisir getaran atau guncangan saat pemotretan agar foto kalian tidak kabur atau buram, dan meskipun di HP terdapat fitur ini meskipun hasilnya tidak sebagus kamera DSLR atau Mirrorless. Cobalah menggunakan gimbal atau tripod HP kalian supaya kestabilan kamera akan lebih terjaga.

5.) Pahami Kapan Perlu Menggunakan HDR

Mungkin dari kalian semua banyak yang tidak tau apa dari fungsi HDR ini. HDR sendiri kepanjangan dari High Dynamic Range, jika diartikan secara jelas adalah perbedaan tingkat kecerahan yang jauh antara bagian yang terang dan bagian yang gelap. Dengan adanya fitur ini akan memastikan pencahayaan dan bayangan dalam foto kalian akan diekspos secara merata. Fitur ini berguna untuk digunakan pada kontras yang tinggi.

6.) Mendekatlah ke Objek, dan Jangan Menggunakan Digital Zoom

Buat kalian yang ingin menghasilkan foto yang maksimal, jangan sekali-kali kalian menggunakan digital zoom. Mengapa begitu? Digital zoom itu sebenarnya adalah zoom bohong-bohongan yang merupakan fitur "memaksa" objek mendekat dengan cara memperbesar foto secara digital. Dan hasil foto dari digital zoom tersebut, sudah sangat dipastikan bakalan buram dan pecah.

Beda lagi dengan optical zoom. Meskipun namanya sama-sama ada zoom, tetapi fitur ini menggunakan mekanisme optic yang terdapat pada lensa. Dan hasilnya tetap bagus dan tidak pecah.

Jadi, kalian jangan malas untuk mendekat terhadap objek ya sob!

7.) Dipercantik Lagi Menggunakan Aplikasi Editing yang Bagus 

Foto akan menjadi keren apabila diberikan sentuhan berbagai filter yang cantik dan unik dari aplikasi editing itu sendiri. Dan kerennya di jaman perkembangan teknologi ini aplikasi editing ini sekarang sudah bisa didownload pada play store maupun appstore. Aplikasi ini bisa menyempurnakan hasil foto kalian dengan mengatur contrast, brightness, hingga cropping.

Baca juga : Tips Mengedit Menggunakan Lightroom

8.) Mengerti Aturan Pertiga

Trik selanjutnya adalah memahami aturan pertiga dalam fotografi. Fitur ini memungkinkan untuk kalian bisa menghasilkan foto yang berkualitas bagus. Pasalnya, aturan ini kalian perlu memposisikan objek sejajar dengan jalur horizontal maupun vertikal. Dengan kata lain, mata kita akan terfokus pada gambar terbagi menjadi tiga, dimana objek berada dibagian pusat foto tersebut.

9.) Menggunakan Angle Foto yang Tidak Biasa Digunakan.

 Agar kalian mendapatkan foto yang kreatif, ubah sudut angle saat memotret dengan cara memotret dari ketinggian dengan meninggikan kamera (bird eye) atau menurunkan kamera serendah-rendahnya (ant eye). Dengan mengubah angle foto, maka seolah-olah kalian melihat foto itu yang berkesan tidak biasa dilihat oleh mata. Nah, jika kalian menggunakan angle foto yang biasa-biasa saja maka foto tersebut akan menjadi biasa saja. Maka dari itu kalian harus bisa sekreatif mungkin mencari angle foto.

10.) Rajin-rajin Memotret Sambil Belajar

Yap yang terakhir ini cukup simple untuk kalian semua. Kalian harus rajin-rajin memotret untuk bisa menghasilkan foto yang berkualitas bagus. Dengan sering kalian memotret kalian juga bisa mengasah kemampuan dan skill kalian loh sob! Semakin banyak yang kamu foto dan semakin kalian lihai maka semakin banyak pula foto bagus yang kalian dapatkan.

Semoga bermanfaat!

2 Responses to "Ampuh! Tips Memotret Dengan Kamera HP Demi Hasil Yang Maksimal"

  1. I adore foregathering useful info, this post has got me even more info!.
    Click Here

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel