-->

Tips Mencari Inspirasi tentang Fotografi

Bagi orang yang terjun di bidang fotografi banyak cara untuk mencari inspirasi (semangat yang luar biasa untuk melakukan hal yang kreatif) mencari inspirasi itu memang susah-susah gampang. Seringkali, inspirasi yang dicari-cari malah tidak ketemu-ketemu. Menurut pengalaman saya, inspirasi memang makin dikejar makin jauh, maka sebaliknya saat kita tidak mencari inspirasi malah ketemu. Aneh bukan? Tapi kalau kita tenang, nyantai , kita bisa membuat kondisi untuk mendapat inspirasi.


Inspirasi sering timbul saat tubuh dan pikiran santai seperti saat mandi, berjalan-jalan, mengucapkan mantra, maupun bermeditasi.  Saat kita santai membuat pikiran bebas dan mengurangi gangguan untuk memikirkan inspirasi.

Baca juga : 6 Tempat Untuk Menjual Foto di Internet

Dulu saat saya kuliah, saya dan teman-teman sering sekali jalan-jalan mengelilingi kota terutama seperti alun-alun kota. Dari jalan-jalan tersebut kita bisa mengamati  pemandangan kota dan bangunan-bangunan tua. Pada saat melihat pemandangan tersebut otak saya pun terasa segar dan penuh ide-ide inspirasi untuk keperluan fotografi. Setelah pulang saya akan mencatat ide-ide tersebut pada buku kecil supaya pada saat saya ingin mencari ide, saya tidak akan lupa. 

Maka dari itu saya sempat-sempatkan diri untuk jalan-jalan di kota, mencari angin segar diluar rumah baik dalam rangka survei lokasi maupun sekedar jalan-jalan untuk mencari inspirasi. Pergi ke tempat yang baru dan sangat berbeda juga merupakan ide yang bagus untuk mencari inspirasi. Mengenal budaya yang berbeda, mengamati orang-orang yang bekerja, berkomunikasi dengan mereka, sering kali membuat inspirasi bermunculan.

Kalau ingin berhemat, kita bisa belajar banyak dari menonton video-video di Youtube. Amatilah warna, framing, sudut pandang, timing memotret, pencahayaan, dan lain sebagainya. Kadang-kadang inspirasi terbuka saat membaca hal-hal yang tidak berkaitan langsung dengan fotografi. Membaca buku, menonton ceramah atau pidato di Youtube jarang memunculkan ide-ide yang baru. 

Baca juga : Tips menggunakan Flash

So, sangat gampang bukan untuk mencari inspirasi? Jangan lupa kalian terapkan dirumah dan dijadwalkan untuk mencari inspirasi sambil jalan-jalan. Setelah kalian mendapatkan inspirasi , jangan lupa bahwa inspirasi tersebut bisa kadaluarsa jika tidak ditangkap, disimpan, dan diterapkan. Maka dari itu jangan lupa kalian catat di ponsel maupun di buku catatan. Selamat mencoba!!

0 Response to "Tips Mencari Inspirasi tentang Fotografi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel