-->

Pengetahuan Tentang Seni Grafis Terlengkap

Banyak sekali ragam seni murni yang salah satunya adalah seni grafis. Seni yang satu ini berhubungan dengan gambar menggambar. Bagi anda yang menyukai dalam bidang menggambar, mempelajari jenis seni grafis ini cukup menyenangkan. Apalagi dalam dunia digital yang mengenal istilah design grafis yang bisa dijadikan bisnis yang terbilang sangat menguntungkan.

Sebelum kalian berpikiran tentang bisnis yang menggunakan teknik grafis, ada baiknya kalian mengetahui tentang banyak hal mengenai seni grafis. Setidaknya kalian harus mengetahui tentang pengertian dan jenis-jenisnya pada seni grafis.

Berikut ini akan saya sajikan beberapa informasi penting yang berkaitan dengan seni grafis. Sehingga kalian bisa belajar sambil mengetahui banyak hal tentang seni yang satu ini . Semakin paham kalian dengan seni grafis, maka semakin mudah kalian untuk menerapkannya atau memanfaatkan untuk menjadi bisnis kalian.

1. Pengertian Seni Grafis I



Namun, sebelum lebih lanjut saya akan memberi tau apa itu seni grafis. Seni grafis adalah salah satu bagian dari seni rupa 2 dimensi. Istilah grafis tersebut berasal dari bahasa inggris graph atau graphic yang berarti 'grafik' atau 'seni grafik'. dari kata grafik sendiri yang menjadi grafik atau grafis yang dimaksud dengan gambaran yang nyata. Jadi, seni grafis adalah karya seni rupa dua dimensi yang bisa diaplikasikan pada teknik cetak. 

Seni grafis, sama halnya dengan ragam seni rupa lainnya, dapat dipastikan memerlukan bahan dan alat dalam perwujudannya. Bahan dan alat yang digunakan dalam seni grafis sangat beragam, sesuai dengan teknik yang akan digunakan oleh kalian. 

2. Ragam Jenis Teknik Grafis

Ada 4 jenis teknik seni grafis yang perlu kalian ketahui. Keempat teknik tersebut adaah Cetak Tinggi, Cetak saring, Cetak Dalam, dan Cetak Cahaya. Dibawah ini akan saya jelaskan jenis-jenis teknik cetak tersebut secara jelas

a. Cetak tinggi 

 Cetak Tinggi adalah ragam karya seni grafis yang proses pembuatannya melalui tahapan pembuatan cetakan dari bahan yang dicukil sehingga permukaan menjadi tinggi dan renda (relief). Bagian yang tinggi ini dilumuri tinta cetak dengan alat rol karet. 

Setelah itu, hasilnya dicetak pada lembaran kertas sehingga membentuk gambar sesuai dengan cetakannya. Teknik cetak tinggi dapat menggunakan bahan hardboard, karet, kayu, alumunium, atau kertas karton, kertas tela, cat minyak, dan tinta. Adapun alat yang digunakan adalh pisau pahat dan rol karet.

b. Cetak Saring (Screen Printing)
 Cetak saring adalah ragam karya seni grafis yang dibuat dengan cetakan dari bahan screen yang dilapisi bahan peka cahaya, ditutup film, dan disinari. Lalu, screen dicuci dan terbentuklah cetakan berlubang (saring) sesuai dengan filmnya. 

Cat dituangkan diatas screen dan dirakel sehingga membentuk gambar sesuai dengan cetakannya. Teknik cetak saring menggunakan bahan afdruk seperti kromatin, ulano, cat sablon, film, sedangkan alatnya screen, rakel, dan meja sablon. 

c. Cetak Dalam (Intaglio Print)
 Cetak dalam adalah ragam seni grafis yang proses pembuatannya melalui tahapan pembuatan cetakan dari bahan pelat alumunium yang ditoreh dengan alat tajam sehingga membentuk goresan yang dalam. Lalu, dituangkan tinta pada goresan tersebut dan diletakkan pada kertas yang telah dibasahi oleh air. 

Hasilnya, tinta tersebut melekat pada kertas yang membentuk gambar sesuai dengan cetakan. Teknik cetak dalam dapat menggunakan bahan alumunium, kertas, dan tinta, sedangkan alatnya yaitu paku atau besi runcing.

d. Cetak Cahaya (Fotografi)
 Cetak cahaya atau fotografi adalah ragam seni grafis yang proses pembuatannya melalui pemotretan dengan kamera, pencucian film, dan pencetakan gambar foto. Proses pencucian film konvensional pada teknik ini dilakukan di ruang gelap dengan menggunakan kertas khusus yang peka cahaya. 

Teknik cetak cahaya (fotografi) menggunakan bahan film, kertas foto, bahan cuci film, sedangkan alatnya adalah kamera. Tekik cetak digital menggunakan bahan kertas dan tinta, sedangkan alatnya yaitu kamera digital, komputer, dan printer.

Itulah informasi tentang pengertian seni grafis dan ragam jenisnya. Saat ini seni grafis adalah sesuatu yang sangat diapresiasi oleh dunia . Bahkan ada banyak orang yang khusus mempelajari seni yang satu ini untuk bisnis mereka masin masing-masing.

Siapapun bisa menjadi seorang seniman seni grafis. Kunci untuk menjadikan hal tersebut adalah teruslah belajar melakukan teknik seni grafis ini. Sehingga bisa menciptakan seni grafis yang indah dan harga jualnya tinggi.

0 Response to "Pengetahuan Tentang Seni Grafis Terlengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel