-->

Tips Memotret Gerhana Matahari ala-ala Fotografer Profesional

  Hari ini kamis (26/12) akan terjadi Gerhana Matahari Cincin. Kabar baiknya bagi yang tinggal di Tanjungpinang, kota tersebut menjadi satu dari sekian banyak kota terbaik di Indonesia yang bisa menonton fenomena alam yang jarang sekali terjadi.

  Oleh sebab itu, pemerintah Tanjungpinang tidak akan meninggalkan atau melewatkan kesempatan berharga ini. Selama beberapa hari akan digelar Festival Gerhana Matahari Cincin tersebut. Banyak acara dan lomba-lomba yang akan diadakan oleh pemerintah. 

  Dan yang paling spesialnya adalah melihat langsung fenomena Gerhana Matahari Cincin yang akan dipusatkan pada Gedung Gonggong. Untuk hal ini, pemerintah Tanjungpinang mengajak Bosscha Observatory dari ITB (Institut Teknologi Bandung).

Baca juga: 5 Tips and Trik Foto

  Tentu sangat-sangat spesial bagi warga Tanjungpinang dan akan rugi besar jika sampai melewatkan fenomena dan festival tersebut. Akan semakin lengkap jika kita bisa berhasil memotret Gerhana Matahari Cincin tersebut dilangit. Tentu saja memotret gerhana matahari tidak semudah biasanya. Perlu persiapan dan perlengkapan fotografi yang ekstra.

  Berikut ada beberapa alat-alat khusus yang perlu kita siapkan, yaitu:

  • Solar filter dengan tujuan agar bisa menciptakan efek apapun itu terhadap hasil foto. Melainkan untuk melindungi kamera dan mata dari Gerhana Matahari Cincin yang diarahkan langsung ke sinar terang matahari. Lensa solar filter umumnya adalah sebuah teleskop atau binokular yang akan menyerap sinar matahari tersebut. Tanpa adanya lensa solar filter, pada saat kita membidik gambar langsung ke Matahari akan menciptakan lubang kornea di mata dan pada bagian sensor kamera.

  • Siapkan tripod dan serta mensetting latar tempat. Terutama jika ingin menciptakan gambar dengan angle yang luas (wide-angle). Tripod disini fungsinya untuk memberikan kestabilan kamera saat kita ingin memotret gerhana matahari

  • Berikutnya yang harus kita siapkan adalah kartu memori, hasil foto dengan lensa tele yang berkualitas yang sangat baik pasti akan memakan banyak ruang penyimpanan memory card. Sangat dipastikan untuk kita mengosongkan kartu memori sebelum digunakan dengan minimal adalah 16 GB dengan kemampuan backup data dengan cepat. 
Semua jenis kamera dapat digunakan untuk memotret Gerhana Matahari Cincin, asalkan kamera tersebut memiliki pengaturan lensa focal length. Selebihnya memiliki pengaturan seperti mode low light, shutter speed, ISO. Sebagai contoh kameranya yaitu: Nikon P9000 atau Sony RX10/RX100, yang merupakan kamera yang bisa digunakan oleh para pemula. Yang sangat terpenting adalah cara memahami moment, mulai dari tahapan awal Gerhana Matahari Cincin hingga berakhir.

0 Response to "Tips Memotret Gerhana Matahari ala-ala Fotografer Profesional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel