-->

Tips Membersihkan Lensa dan Kamera Dengan Tepat

 Banyak sekali cara untuk membersihkan lensa dan kamera. Kali ini saya akan membagikan kepada kalian semia bagaimana cara membersihkan lensa dan kamera. Jika kita salah membersihkannya akan berakibat fatal dan bisa memperjelek kualitas suatu obyek yang akan kita potret. Berikut adalah cara untuk membersihkan kamera dan lensa dengan benar:


   Membersihkan Lensa

  Untuk menjaga lensa dari kotoran dan supaya fungsi-fungsinya tidak terganggu, selain harus menyimpan dengan benar, juga perlu untuk dibersihkan secara berkala. Sebaiknya dalam tas kamera harus selalu tersedia yaitu camera cleaning kit supaya ketika lensa kotor bisa langsung kita bersihkan. Idealnya lensa dan kamera dibersihkan secara berkala, terutama setelah kita pakai.

  Membersihkan lensa secara berkala bisa kita dilakukan dengan blower kamera, kuas halus, dan lap dari bahan kulit. Cara sederhana membersihkan lensa kamera dengan cara sebagai berikut:

  • Lepas lensa kamera dari badan kamera atau buka kedua penutup lensa dikedua unjungnya. Jika lensa mempunyai lensa hood, maka lepaskan juga lensa hood ini.
  • Lepas filter yang terpasang di ujung bagian dari muka lensa
  • Sapu dengan kuas halus seluruh bagian permukaan badan dan dua ujung lensa, kemudian semprot dengan blower.
  • Jika masih ada kotoran yang menempel pada lensa, sapu dengan kain dari bahan kulit secara perlahan supaya permukaan lensa tidak tergores.
  • Lakukan hal yang sama pada semua filter pada lensa.
  Adakalanya lensa kamera kita jarang dibersihkan atau sering ditempat lembab akibat terkena jamur. Jamur ini biasanya terlihat pada permukaan filter atau lensa bagian luar. Jika jamur ini hanya pada permukaan filter dan permukaan lensa bagian luar kita masih bisa kita bersihkan sendiri. Alat yang digunakan masih sama dengan ditambahkan cairan lensa yang bisa didapat toko kamera atau optik. Juga cotton bud khusus untuk lensa yang digunakan untuk membersihkan bagian-bagian pinggir lensa yang tidak terjangkau oleh lap lensa. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Semprotkan bagian lensa dengan blower sampai debu bersih dari permukaan pada lensa
  • Tuang satu tetes cairan pembersih lensa ke permukaan filter atau permukaan lensa. Lap dengan tissue lensa atau lap kulit yang khusus untuk kamera. Jika jamur masih ada bisa kita ulang dengan menggunakan cotton bud. Kemudian lap lagi dengan lap kulit sampai cairan kering dan tidak menempel pada lensa atau filter
  • Semprot permukaan pada lensa dengan blower supaya kering

   Membersihkan Kamera

  Membersihkan kamera DSLR tentu saja tidak rumit dan mudah dilakukan. Alat yang dibutuhkan pun hampir sama dengan kita yang untuk membersihkan lensa. Untuk bagian-bagian tersembunyi disela-sela tombol menu dan tombol putar tentu saja perlu kuas kecil dengan rambut yang sedikit kaku. Membersihkan kamera DSLR ini sebaiknya juga dilakukan secara berkala, terutama setelah kamera digunakan. Cara mudah untuk membersihkan kamera DSLR adalah sebagai berikut:
  1. Lepas lensa dari badan kamera dan tutup connector lensa menggunakan tutupnya
  2. Mula-mula bersihkan seluruh badan lensa kecuali LCD-nya dengan kuas supaya debu yang menempel pada badan lensa bisa terangkat. Selanjutnya semprot dengan blower dan lap kulit untuk kamera
  3. Bersihkan bagian-bagian LCD dan viewfinder menggunakan tissue lensa atau lap kulit. Pada bagian viewfinder, jika kesusahan menjan;gkau menggunakan lap maka kita bisa memakai cotton bud. Tambahkan cairan pembersih lensa jika masih ada kotoran yang membandel.
  Sekian dari penjelasan diatas untuk membersihkan lensa dan kamera. Semoga bermanfaat bagi kalian yang memiliki kamera dan jangan lupa untuk merawatnya. Selagi kita masih bisa merawatnya, maka rawatnya jangan sampai barang berharga kalian rusak. Jangan lupa kalian praktekan cara tersebut.

0 Response to "Tips Membersihkan Lensa dan Kamera Dengan Tepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel