-->

Tips Menggunakan Flash yang Baik

   Tips Menggunakan Flash



  Fungsi paling mendasar dari lampu kilat atau flash adalah untuk menerangkan obyek foto yang kurang cahayanya. Artinya, jika obyek tersebut gelap, gunakan lampu. Namun yang lebih penting adalah menggunakan lampu kilat atau flash pada siang hari, diluar ruangan. Kapan dan dalam kondisi bagaimanakah kita sebaiknya menggunakan lampu kilat ini? Dibawah ini kita jelaskan beberapa kondisi tertentu yang membutuhkan lampu kilat saat kita mau memotret.

   Siang hari saat terik

  Lampu kilat berguna untuk kita bisa meminimalisir kontras yang terjadi antara bayangan dan obyek yang terkena cahaya terlalu tajam. Dengan lampu kilat maka cahaya terik  bisa sedikit dilembutkan dan detail obyek yang kurang jelas bisa diperbaiki.

   Backlighting

  Obyek yang membelakangin cahaya jika dipotrait akan menimbulkan siluet yang artinya detail suatu obyek akan hilang. Saat inilah digunakan lampu kilat agar obyek bisa terlihat dengan jelas.

   Cahaya yang kurang baik

  Cuaca yang mendung saat kita akan memotret obyek berupa manusia, menjadikan foto nampak kurang berkualitas. Namun saat kita menggunakan lampu kilat bisa membuat detail dan profil manusia lebih terlihat bagus. Lampu kilat juga bisa menambah cahaya sekitar agar suasana mendung menjadi hilang dan terlihat terang.

  Ada beberapa pilihan setting pada lampu kilat, gunakan saja menurut kebutuhannya, misalnya:


  • Red Eye Reduction

  Digunakan ketika kita memotret obyek yang berupa manusia. Lampu kilat akan menyala dengan kekuatan sedang sampai beberapa kali sebelum akhirnya menyala terang.

  • Fill in Flash
  Digunakan ketika kita akan memotret pada siang hari yang sangat terik. Tujuannya agar bayang-bayang pada obyek yang dihasilkan dari sinar matahari bisa dihilangkan atau diminimalisirkan.

  • Auto 
  Kamera akan secara otomatis mengukur cahaya yang dibutuhkan. Jika cahaya cukup, maka lampu flash tidak akan menyala. Jika cahaya kurang, maka dengan sendirinya lampu flash menyala secara otomatis.

  • Slow Sinc 
  Digunakan pada saat malam hari pada kondisi dimana latar belakang biasanya terang. Lampu flash akan menyala untuk menerangin latar belakang, dan kamera akan menangkap detail latar belakang dengan kecepatan rendah

Penjelasan diatas merupakan tip untuk menggunakan flash. Gunakan flash pada saat kondisi tertentu saat pemotretan. Bagaimana sobat sudah tau bukan caranya menggunakan flash? Jika sudah mengetahui cara menggunakannya, jangan lupa dicoba ya sobat agar bermanfaat bagi kalian semuanya.

0 Response to "Tips Menggunakan Flash yang Baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel