-->

Pengetahuan Lensa Tele Dengan Jelas

   Lensa Tele


   Lensa tele adalah lensa dengan rentang jarak jauh atau lebih panjang daripada lensa zoom. Dengan lensa tele kita dapat memotret obyek yang sangat jauh. Intinya, lensa ini digunakan untuk memperdekat suatu obyek. Untuk menggunakan secara maksimal, maka lensa tele harus dipadukan dengan tripod. 

Gerakan sedikit aja bisa menghasilkan gambar yang tidak tajam atau blur. Beberapa contoh ukuran lensa tele adalah 75-200 mm, 70-300 mm, 200-400 mm, dan 50-500 mm. Dilihat dari bentuknya, lensa tele ini biasanya panjang. Ada juga lensa tele yang bentuknya tidak begitu panjang, walaupun rentang jaraknya itu sama. Pada umumnya, jumlah keping lensa tele lebih banyak dari jumlah lensa standar.



Lensa Tele


   
Jika lensa tele masih kurang jangkauannya, kita dapat menambahkan dengan lensa tele yang converter yang akan melipatgandakan rentang jarak lensa tersebut. Ukuran lensa tele converter juga banyak macamnya, mulai dari 1,5x sampai 2x. Jika kita dapat menggunakan lensa tele converter 2x pada lensa tele 200-400 mm, maka rentang jaraknya menjadi lebih jauh yaitu 800 mm, untuk kamera SLR Analog. 

Sedangkan pada kamera digital terjadi perubahan rentang jarak kurang lebih 1,5 sampai 1,6x akibat crop factor. Jadi lensa 200-400 mm yang dipasang dengan tele converter 2x, maka jaraknya bertambah menjadi 1.200 mm pada kamera SLR. Pada rentang jarak segitu, kita harus menggunakan tripod dan tanpa ada sedikit getaran atau gerakan agar hasilnya maksimal.

Lensa Tele Converter

   Saat kita menggunakan lensa tele dan dihadapkan pada obyek berupa hewan misalnya, kita hanya bisa mengambil detail kepalanya saja. Pada posisi yang sama, jika kita menggunakan lensa lain maka seluruh badan hewan dan juga background sekitaran hewan pun juga tertangkap. 

Terkadang kita perlu membatasi obyek untuk keperluan suatu ilmiah. Saat itulah lensa tele berguna, saat kita membutuh foto pemandangan yang lengkap, maka gunakan lensa pendek yang lebih tepat.

Baca juga: 7 Macam Jenis Lensa

0 Response to "Pengetahuan Lensa Tele Dengan Jelas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel